Breaking News

Hujan Deras Semalaman, 50 Rumah Warga Cibinong Kebanjiran

Kawasan Cibinong, Jawa Barat saat banjir. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Banjir kembali melanda kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Akibat hujan lebat semalaman, Kamis (29/6/2023), sebanyak 50 unit rumah di Kampung Balong, Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor terendam banjir. 

Selain disebabkan oleh hujan lebat, banjir kian meluas akibat adanya drainase yang tersumbat. Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Aris Nurjatmiko, banjir mulai memasuki permukiman warga sekitar pukul 18.05 WIB. 

Diperkirakan, air yang meluap ke permukiman warga mencapai tinggi sekitar 30 sentimeter. "Disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang cukup lama dan adanya material longsoran yang menyumbat aliran drainase, sehingga mengakibatkan air meluap dan banjir sampai ke pemukiman warga setempat," jelasnya, dikutip Jumat (30/6/2023).

Aris menyebutkan, dari hasil kaji cepat petugas di lapangan ada 50 unit rumah berisi 60 kepala keluarga (KK) dengan 240 jiwa terendam. Tak hanya itu, fasilitas umum berupa masjid di kawasan tersebut juga turut terendam.

Setelah menerima laporan, sambung Aris, Tim Rescue Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bogor melakukan koordinasi dengan aparatur setempat. Kemudian melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan.

Hingga dini hari, pihaknya masih melakukan penyedotan air dengan menggunakan mesin sedot portable. Sehingga air mulai berangsur surut. (tim redaksi)


#wargacibinongkebanjiran

#drainasemampet

#hujanderas

#BPBDbogor

#banjir

Tidak ada komentar