Breaking News

Harga Batu Bara Menguat, Efek Gelombang Panas di Tiongkok

Batu bara. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Harga batu bara pada kontrak Juli di pasar ICE Newcastle ditutup pada posisi USD142 per ton, atau terkerek 1,79%. Harga batu bara kemarin (27/6/2023) sempat mengalami kenaikan. 

Melansir cnbcindonesia, Rabu (28/6/2023), penguatan itu melanjutkan pergerakan harga sehari sebelumnya, yang naik 0,25% menjadi USD139,50 per ton dan merupakan capaian yang tertinggi sejak 12 Juni lalu. Dengan begitu, selama sebulan batu bara masih bertahan dalam zona positif sebesar 4,99%.

Kenaikan harga batu bara dipengaruhi oleh harga gas yang melonjak. Terpantau harga gas alam Eropa EU Dutch TTF (EUR) pada perdagangan kemarin menguat 7,92% menjadi 34,51 euro per mega-watt hour (MWh).

Kenaikan harga batu bara global tak terlepas dari peran Tiongkok juga memberikan katalis positif karena permintaan yang meningkat akibat gelombang panas. Suhu di beberapa wilayah negara asal Panda ini menembus 40 derajat celcius.

Panasnya cuaca di sana, tak hanya menaikkan penggunaan listrik tetapi juga mengurangi produksi listrik pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Sebagai perbandingan, produksi listrik total Tiongkok pada Mei meningkat 15,9% (year on year/yoy) tetapi produksi listrik dari PLTA anjlok 39% (yoy).

Impor batu bara juga terus meningkat. Data Reuters menunjukkan, impor batu bara Tiongkok pada 1-14 Juni tercatat 12,5 juta ton atau melonjak 57% (yoy). 

Namun, secara bulanan turun 8%. Impor batu bara Tiongkok pada Januari-Mei 2023 mencapai 180 juta ton atau 89,6% (yoy).

"Naiknya permintaan dari Tiongkok menjadi satu-satunya titik cerah. Jika tidak ada ini, maka pasar akan lesu kembali," tulis S&P dalam Market Asia Movers edisi 26-30 Juni, dikutip dari website S&P Global, Rabu (28/6/2023)

Menurutnya, permintaan Tiongkok belum bisa tergantikan  oleh pembeli lain. "Permintaan yang lain masih rendah," tutupnya. (tim redaksi)


#hargabatubaraglobal

#permintaanbarubarationgkok

#pasarbatubara

#cuacapanasekstremditiongkok

#imporbatubarationgkokmeningkat

Tidak ada komentar