Breaking News

Gempa Terjang Fuji dan Tonga, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa yang pernah terjadi di Tonga, tahun lalu. ( Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Gempa berkekuatan magnitudo 7,2 menerjang Tonga, Jumat (16/6/2023) pagi. Namun tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menuturkan, gempa terjadi tak lama setelah pukul 07.00 waktu setempat. Titik gempa berada di kedalaman 167 kilometer sekitar 290 kilometer barat daya ibu kota Nukualofa.

Seorang resepsionis di Hotel Little Italy di Nukualofa, Veisina Sangusangu mengatakan, gempa berlangsung sekitar 30 detik. "Itu lebih kuat dari gempa yang biasa kita rasakan. Bangunannya berguncang," ucapnya.

Sama seperti Indonesia, Tonga terletak di "Cincin Api" Pasifik, tempat lempeng tektonik sering bergeser. Sehingga rawan mengalami aktivitas seismik seperti gempa.

Selain Tonga, gempa magnitudo 6,9 juga baru mengguncang wilayah Suva, Kepulauan Fiji pada Jumat (16/6/2023) pagi waktu setempat. Gempa terjadi sekitar pukul 01.06 WIB.

Kepulauan Fiji berada di selatan Samudra Pasifik, berada di timur laut yang berbatasan di sebelah timur dengan Vanuatu. Berbatasan laut di sebelah barat Tonga, serta berbatasan laut di sebelah selatan Tuvalu. (tim redaksi)


#gempabumi

#kepulauanfijigempa

#tongagempa

#tidakberpotensitsunami

#USGS

#gempalempengtektonikA

Tidak ada komentar