Breaking News

Gagal di Piala Dunia U-20, RI Resmi Jadi Tuan Rumah di Piala Dunia U-17

Pemain Timnas Indonesia berpelukan. (Istimewa/ Dok.PSSI)


WELFARE.id-Usai gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023, Indonesia akhirnya kembali mendapat kesempatan dari FIFA. Kali ini, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-17 tahun ini. 

Indonesia resmi jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ketua Umum PSSI Erick Thohir hanya bisa bersyukur atas kepercayaan itu, setelah Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat (23/6/2023) petang. 

FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini. "Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo," ucapnya, dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (24/6/2023).

Erick mengaku belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. 

"Yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik," tambah Erick.

Di situs resmi FIFA tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepak bola usia muda ini. "Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir. Seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA, kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina, juara dunia Qatar 2022, yang sukses dan menyita perhatian FIFA, serta sepakbola internasional, menjadi alasannya. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan," paparnya panjang lebar.

Dalam turnamen tersebut, juga dipastikan Israel tidak tampil karena tidak lolos kualifikasi.

Israel yang berlaga di zona UEFA gagal lolos ke Piala Eropa U-17 2023 yang juga jadi kualifikasi Piala Dunia u-17 2023. 

Lantaran mereka tak tampil di Piala Eropa U-17 2023, peluang mereka untuk melaju ke Piala Dunia U-17 2023 menjadi tertutup. Dalam kualifikasi menuju Piala Eropa U-17, Israel sempat berhasil lolos ke elite round. 

Namun di babak elite round, Israel tidak bisa bersaing dengan Serbia, Bosnia Herzegovina, dan Belarusia sehingga harus puas jadi juru kunci. Nama Israel cukup jadi sorotan terkait status tuan rumah Indonesia di ajang di bawah naungan FIFA. 

Sebelumnya, status tuan rumah Piala Dunia U-20 milik Indonesia yang sedianya digelar pada Mei lalu dicabut oleh FIFA jelang waktu pelaksanaan. Meski sampai hari ini belum diketahui alasan pencabutan FIFA, namun kuat dugaan hal itu karena adanya penolakan RI terhadap Israel dalam kompetisi sepakbola bergengsi itu. (tim redaksi)


#FIFA

#ketumPSSI

#erickthohir

#indonesiatuanrumahpialaduniaU17

#FIFAtunjukindonesiajadituanrumah

#pialaduniaU17

#sepakbola

Tidak ada komentar