Breaking News

Dua Kantong Jenazah Dievakuasi, Tim DVI Tunggu Korban Pesawat SAM Air di Jayapura untuk Identifikasi

Bangkai pesawat SAM Air yang jatuh di Papua Pegunungan dalam kondisi hangus terbakar. (Istimewa)


WELFARE.id-Pesawat SAM Air yang sempat dikabarkan hilang kontak, Jumat (23/6/2023) akhirnya dipastikan jatuh dan terbakar. Posisi bangkai pesawat yang hangus sudah terdeteksi dan tim SAR tengah berupaya melakukan proses evakuasi terhadap penumpang nahas tersebut.

Tim SAR memastikan, tidak ada satu penumpang pun yang selamat dalam kecelakaan tersebut. Tim SAR gabungan telah berhasil mengevakuasi satu kantong jenazah korban Pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri atau SAM Air yang jatuh di Papua Pegunungan.

Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi menyebut, pesawat saat ditemukan sudah dalam kondisi hangus terbakar. "Kondisi pesawat PK-SM hangus terbakar dan tidak ada tanda-tanda korban yang selamat," kata Henri kepada wartawan, Selasa (27/6/2023).

Saat ini, Tim SAR masih berupaya mengevakuasi satu kantong jenazah lainnya. "Telah terevakuasi satu kantong jenazah ke dari titik pesawat ke area tengah. Sementara satu kantong jenazah lagi dalam proses penarikan dari titik pesawat ke area tengah," rincinya.


Enam Korban


Pesawat SAM Air yang jatuh di Papua Pegunungan total bermuatan enam orang. Dua di antaranya merupakan pilot dan copilot.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Benny Ady Prabowo menjelaskan, saat peristiwa nahas itu terjadi, pesawat jenis caravan tersebut dipiloti oleh Hari Permadi. Sedangkan copilot atas nama Levi Muri.

Sementara empat penumpang lainnya, di antaranya, Bartolomeus (34), Ebeth Halerohon (29), Dormina Halerohon (17) dan Kilimputni (20). "Saat ini Kapolres Yalimo terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk upaya evakuasi bangkai pesawat SAM Air dan para korban,” kata Benny kepada wartawan, dikutip Selasa (27/6/2023).

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Jayapura Marinus Ohoirat menjelaskan, bahwa proses evakuasi korban jatuhnya pesawat SAM Air akan dilakukan di Jayapura. Termasuk proses identifikasi korban oleh tim disaster victim identification (DVI).

"Karena permintaan keluarga dan pihak pemilik PT SAM Air bahwa rencana akan dievakuasi ke Jayapura sekaligus untuk proses identifikasi oleh DVI. Jadi mungkin kita akan bawa ke Jayapura," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, pesawat SAM Air jatuh di hutan setelah sempat hilang kontak beberapa menit terbang. Pesawat dengan nomor penerbangan PK-SMW itu dilaporkan hilang kontak pada Jumat (23/6/2023) pukul 11.07 WIT. Setelah dilakukan pencarian, pesawat dipastikan jatuh di areal hutan dan terbakar. (tim redaksi)


#pesawatSAMairjatuhdipapua

#korbantewas

#insidenpesawatSAMairjatuh

#pesawatSAMairhangusterbakar

#identifikasikorban

#timDVI

#timSAR

#SAMair

Tidak ada komentar