Breaking News

Areal Pohon Jati Perhutani Seluas 1,2 Hektare Terbakar, Tak Ada Korban Jiwa

 

Kebakaran hutan jati. (Ilustrasi/ Net)


WELFARE.id - Kemarau sudah didepan mata. Sejumlah daerah mulai mengalami kekeringan dan titik api mulai terlihat di sejumlah wilayah.

Seperti yang terjadi di kawasan pohon jati Perhutani. Kebakaran daun pohon jati kering seluas 1,2 hektare di petak 55 E RPH Wringin Anom, BKPH Klabang, KPH Bondowoso, Dusun Belengguen, Desa Bugeman Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo sempat membara.

Namun, tak butuh waktu lama, kebakaran berhasil dipadamkan oleh petugas Perhutani, BPBD, Tagana Dinsos Kabupaten Situbondo, Anggota Koramil Kendit dan anggota Polsek Kendit, Rabu (14/6/2023). 

Kebakaran daun kering pohon jati di Petak 55 E, pertama kali diketahui oleh petugas Perhutani yang sedang melaksanakan patroli memantau adanya titik api. 

Begitu melihat titik api, petugas Perhutani yang sedang patroli ini langsung menghubungi anggota yang lainnya. Selanjutnya, petugas melakukan pemadaman api di bantu oleh anggota Pusdalops BPBD dan anggota Tagana Dinas Sosial Kebupaten Situbondo.

"Kita memadamkan kobaran api kebakaran tersebut menggunakan peralatan seadanya atau menggunakan kepyok. Kami juga membuat sekatan agar api tidak meluas ke area lainnya," jelas Puriyono penyusun laporan pada Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Situbondo, dikutip Kamis (15/6/2023).

Beruntung, tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian tersebut. "Karena lokasi jauh dari pemukiman penduduk,” imbuhnya. 

Sekitar pukul 23.45 WIB, kebakaran daun jati kering tersebut berhasil dipadamkan. Adapun, lanjutnya, penyebab kebakaran daun kering pohon jati di Petak 55 E RPH Wringin Anom, BKPH Klabang, KPH Bondowoso, Dusun Belengguen, Desa Bugeman Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo tersebut masih dalam penyelidikan pihak Perhutani setempat. (tim redaksi)


#kebakaranpohonjatiperhutani

#situbondojawatimur

#pohonjatiperhutani

#BPBDsitubondo

#titikapi

Tidak ada komentar