Breaking News

Tinggal Scan, Belanja di Malaysia Sekarang Bisa Pakai QRIS

 

Pembayaran dengan QR Code.( Ilustrasi/ Net)

WELFARE.id-Bertransaksi di luar negeri makin mudah. Setelah kerja sama pembayaran dengan mata uang lokal diberlakukan dalam transaksi dagang ke beberapa negara, kini implementasi interkoneksi bisa dilakukan lewat QR Code.

Ya, Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code, Senin (8/5/2023). Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari fase uji coba yang telah sukses dilakukan sejak 27 Januari 2022.

Interkoneksi pembayaran dengan menggunakan QR Code ini melibatkan partisipasi sejumlah lembaga keuangan, termasuk lembaga selain bank, yang kian bertambah. Dengan interkoneksi tersebut, memungkinkan lebih banyak penduduk Indonesia dan Malaysia untuk melakukan pembayaran ritel di kedua negara.

Cukup memindai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau DuitNow QR Code di toko atau pedagang fisik atau online yang menggunakan layanan dari penyedia jasa pembayaran yang berpartisipasi dalam skema ini. Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, pembayaran QR lintas negara antara RI-Malaysia merupakan bukti nyata penguatan kerja sama dalam kerangka Regional Payment Connectivity (RPC).

"Untuk mendorong pembayaran lintas negara yang lebih cepat, lebih murah, lebih transparan, dan lebih inklusif. Terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah," ujarnya, melansir laman resmi BI, Selasa (9/5/2023).

Adapun interkoneksi ini juga sejalan dengan inisiatif G20 dalam mengembangkan Peta Jalan Penguatan Pembayaran Lintas Batas. Sekaligus menjadi sebuah capaian yang signifikan dari Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023, serta menjadi milestone implementasi Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

Kerja sama ini juga diharapkan bisa memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna layanan transaksi pembayaran lintas batas. Sekaligus menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi, mendorong inklusi ekonomi dan keuangan digital di kawasan, serta mendukung stabilitas makroekonomi dengan mendorong penggunaan mata uang lokal secara lebih luas untuk transaksi bilateral dalam Kerangka Transaksi Mata Uang Lokal.

Sementara itu, Gubernur Bank Negara Malaysia Nor Shamsiah Mohd Yunus menyampaikan, ASEAN kini lebih terhubung dari sebelumnya. Semakin banyak pengguna dari Malaysia dan Indonesia yang akan merasakan manfaat dari pembayaran lintas batas yang lebih, aman, mudah dan efisien.

Hal ini berpotensi mendorong aktivitas ekonomi, termasuk sektor pariwisata di kedua negara. Interkoneksi pembayaran ini akan mendukung perluasan pasar bagi sebagian pelaku usaha dan memfasilitasi peningkatan penyelesaian pembayaran menggunakan mata uang lokal sehingga memberikan dampak keuangan yang positif.

Interkoneksi pembayaran dengan QR antara Indonesia dan Malaysia ini melengkapi interkoneksi pembayaran bilateral yang berkembang di ASEAN. Diharapkan, lewat kemudahan tersebut, bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi ASEAN.

"Hal tersebut akan mendukung pemulihan ekonomi pasca-pandemi yang lebih inklusif dan lebih kuat. Pada saat pariwisata internasional mendapatkan momentum, interkoneksi pembayaran diharapkan tidak hanya memberikan kenyamanan yang lebih besar bagi para wisatawan, tetapi juga memberikan manfaat bagi sektor pariwisata dan ritel kedua negara," yakinnya. (tim redaksi)


#transaksiperbankaninterkoneksi

#QRcode

#QRIS

#duitnowQRcode

#interkoneksipembayaranRImalaysia

#ekonomiASEAN

#kerjasamabanksentral

#bankindonesia

#banknegaramalaysia

Tidak ada komentar