Breaking News

Terungkap, Korban Pembunuhan yang Jasadnya Dicor di Semarang Dimutilasi Saat Masih Hidup

 

 Ilustrasi/ Net


WELFARE.id-Pelaku pembunuhan korban mutilasi yang jasadnya dicor di Semarang sudah tertangkap. Kini, polisi terus menggali motif pembunuhan dibalik perbuatan pelaku yang keji.

Dari mulut Muhammad Husen (28), pelaku pembunuhan bosnya, Irwan Hutagalung yang termutilasi dan dicor di Semarang, Husen melarikan diri. Alasan Husen membunuh bosnya dan alasannya tidak menyerahkan diri ke polisi, diunggah akun Instagram Polrestabes Semarang Official, dikutip Kamis (11/5/2023).

Dalam pengakuannya, ia tidak langsung menyerahkan diri ke polisi lantaran biar polisi bekerja. Ia membunuh korban yang tak lain adalah bosnya, saat pria berusia 53 tahun itu tengah tertidur di tempat usaha isi ulang galon dan gas, Jalan Mulawarman Raya, Tembalang, Kota Semarang, Jumat (5/5/2023) malam.

"Habis bunuh saya kabur ke Banjarnegara, enggak langsung ke polisi karena biar polisi kerja," ucapnya. Ia menyebut, tidak menyesal membunuh korban.

Lalu apa motif pelaku tega membunuh korban dengan keji? Menurut Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M Iqbal Alqudussy, pelaku merasa tersinggung sering dimarahi korban. Diduga, pelaku merupakan karyawan korban.

"Berawal dari cerita pelaku MH sering dimarahi oleh korban, sehingga MH merasa sakit hati dan balas dendam terhadap korban," kata Iqbal, dikutip Kamis (11/5/2023). Ia menyebut, pelaku membunuh korban, sekitar pukul 00.00 WIB. 

Pelaku memukul korban menggunakan linggis. Setelahnya, dia memanggil rekannya Albert yang kebetulan berjualan angkringan di sebelah depot air tersebut.

Ia menambahkan, saat itu Husen meminta tolong membantu mengangkat mayat korban ke sela-sela rumah. Selanjutnya Albert meninggalkan lokasi, sedangkan Husen masih berada di sana diduga memutilasi korban.

"Korban dipukul menggunakan linggis, kepala korban berdarah," ujar Iqbal. Kedua pelaku ditangkap di lokasi berbeda. Albert ditangkap pada Senin (8/5/2023). Sedangkan Husen ditangkap Selasa (9/5/2023) malam.


Pendapat Kriminolog

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Ardi Putra Prasetya menyebut, pelaku pembunuhan disertai mutilasi serta mengecor mayat korban di Semarang memiliki motif hybrid atau ganda. Ardi mengatakan, bahwa pelaku memiliki dua motif dalam melakukan pembunuhan kepada majikannya yaitu dendam dan motif ekonomi.

"Saya lebih jauh, faktor dendam memang menjadi pemicu, namun ada unsur ekonomi juga. Hal ini dibuktikan temuan surat kendaraan dan ponsel milik korban yang dibawa oleh pelaku," ujar Ardi dalam wawancara di CNN Indonesia TV, dikutip Kamis (11/5/2023).

Ia menyarankan, polisi harus mengecek kondisi kejiwaan pelaku untuk mengetahui motif pembunuhan. Perbuatan keji pelaku ke korban dinilai tak semata hanya dendam.

"Karena kalau saya lihat, sebenarnya faktor dendam saja harus ada trigger kuat yang lain untuk memicu. Misalnya rasa sakit hati yang berlebihan, ada trauma-trauma yang dialami oleh pelaku sehingga membunuh," ungkapnya.

Pelaku yang merupakan karyawan di toko air mineral itu baru bekerja tak lebih dari satu bulan. Ardi menuturkan pelaku semestinya memiliki kesempatan untuk keluar dari pekerjaannya agar memutus relasi kuasa dengan majikannya yang kerap melakukan penyiksaan kepada pelaku.

"Ada berbagai cara untuk menghindari relasi kuasa. Pelaku bisa memilih keluar dari pekerjaannya," paparnya.

Pelaku berinisial HS itu kerap mendapat perlakuan kasar dari korban. HS mengaku kerap mendapat pukulan, cubitan, tamparan hingga sundutan rokok. 

Perlakuan itu membuat HS dendam dan sakit hari sehingga nekat untuk melakukan pembunuhan disertai mutilasi. HS juga kedapatan membawa surat kendaraan milik korban dan ponsel korban saat digerebek polisi.

Sebelumnya, seorang pemilik toko air mineral, Irwan Hutagalung ditemukan tewas di tokonya yang berada di Jalan Mulawarman Raya, Tembalang, Kota Semarang, Senin (8/5/2023). Korban ditemukan dalam kondisi kedua tangan dan leher dimutilasi, seluruh bagian tubuh korban dicor beton.

Peristiwa naas ini kali pertama diketahui oleh istri korban, Yunita, yang datang ke toko mencari suaminya karena empat hari tak pulang. Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar menyebut dari hasil otopsi ditemukan tanda-tanda kekerasan dan penganiayaan, khususnya di bagian kepala korban. 

Dari luka ini, ada dugaan korban dianiaya pelaku sebelum akhirnya tewas. Tak hanya itu, korban juga dimutilasi menjadi empat bagian.

"Hasil otopsi juga mendapati bila korban dimutilasi menjadi empat bagian, yakni kedua tangan, leher ke atas yakni kepala, dan sisanya dibiarkan utuh," ungkap Irwan saat melakukan olah TKP, Selasa (9/5/2023) lalu. (tim redaksi)


#korbanmutilasidandicordisemarang

#pelakumutilasiditangkap

#dugaanmotifganda

#motifdendam

#motifekonomi

Tidak ada komentar