Breaking News

Sering Jajan di Luar Meningkatkan Potensi Hipertensi, Begini Penjelasan Ahli

 

Makan di luar rumah. (Ilustrasi/ Net)


WELFARE.id-Membawa bekal ke kantor lebih baik, ketimbang jajan di luar. Namun, kesibukan bekerja seringkali tidak memungkinkan untuk selalu masak dan membawa bekal ke kantor.

Jajan menjadi solusi untuk mengenyangkan perut saat berada di luar rumah. Tapi tahukah kamu, bahwa kebanyakan jajan di luar justru meningkatkan potensi hipertensi?

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal-Hipertensi dr Tunggul D Situmorang menjelaskan, sejatinya jajan dan hipertensi terkait dengan kandungan garam yang dikonsumsi. Makanan yang dimakan di luar rumah, lebih memungkinkan disajikan dengan kadar garam tinggi. 

Hal inilah yang tanpa disadari bisa jadi pencetus seseorang mengalami hipertensi karena hobi jajan atau makan di luar rumah. "Fakta makan di luar rumah jadi salah satu risiko meningkatnya hipertensi. Umumnya mengandung banyak garam, berhubungan erat dengan hipertensi," kata Tunggul di hadapan wartawan, Senin (22/5/2023).

Ia menambahkan, masyarakat harus tahu, penyebab hipertensi bukan sekedar makan makanan asin saja. Makanan manis juga bisa mengandung garam tinggi di dalamnya.

"Kita suka mengira yang terasa asin jadi sumber garam, padahal tidak. Jadi makannya dipilah, walaupun tidak terasa asin juga kandungannya bisa saja cukup tinggi,” ungkapnya.

Maka itu, dibutuhkan pemahaman, bahwa setiap orang wajib mengontrol asupan garam harian. Menurutnya, konsumsi harian garam per individu disarankan tidak lebih dari 2000 mg natrium atau 5 gram yang sama dengan 1 sendok teh saja.

"Baiknya agar semua makanan itu ditulis dan batasan harian kita jadi sangat ketat. Ini (hipertensi) masalah sangat besar, dampaknya, dan kematiannya. Penyakit ini dianggap tidak berbahaya karena tidak menular alias silent killer. Padahal, diperkirakan akan terus meningkat tahun ke tahun," tuntasnya. (tim redaksi)


#silentkiller

#penyakittidakmenular

#hipertensi

#asupangaramharian

#berdampakkematian

#kandungangaramdalammakanandanminuman

#kontrolasupangaram

Tidak ada komentar