Breaking News

Sempat Dirawat di Penang Malaysia, Menteri Era Soeharto dan Gus Dur Sarwono Kusumaatmadja Tutup Usia

 

Sarwono Kusumaatmadja, Mantan Menteri Lingkungan Hidup di era Orde Baru, . (Istimewa/ Net)


WELFARE.id-Mantan menteri di era Orde Baru Soeharto dan masa Gus Dur, Sarwono Kusumaatmadja, meninggal dunia, Jumat (26/5/2023). Ia disebut meninggal pukul 17.12 waktu Penang, Malaysia. 

Jenazah diperkirakan tiba di Jakarta Sabtu (27/5/2023), sekitar pukul 15.00 WIB. Duta Besar Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia Hermono membenarkan bahwa mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup Indonesia di era Soeharto itu meninggal usai menjalani perawatan di Penang, Malaysia.

"Beliau wafat di RS Adventist, Penang tadi sore (kemarin, Red) pukul 17.15 waktu Malaysia setelah dirawat beberapa hari di RS karena sakit," ungkapnya, Jumat (26/5/2023).

Jenazah pria yang juga pernah menjadi Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara di era Orde Baru itu  rencananya akan dikebumikan di Indonesia. Dubes Hermono mengenang sosok mendiang kelahiran 24 Juli 1943 itu sebagai tokoh nasional yang banyak jasanya bagi pembangunan.

"Setahu saya akan dibawa ke Indonesia. Saya kira beliau salah satu tokoh nasional yang banyak jasanya bagi pembangunan. Yang selalu saya ingat adalah almarhum sebagai individu yang memiliki prinsip teguh dgn penampilan yang senantiasa bersahaja," pujinya.

Setibanya di Indonesia, jenazah mantan Menteri Eksplorasi Kelautan Indonesia di era Abdurrahman Wahid (Gus Dur) akan disemayamkan sejenak di Gedung Manggala Wanabakti. Pemakaman rencananya baru akan dilakukan Minggu (28/5/2023) di Pemakaman San Diego Hills.

Politikus Golkar Christina Aryani juga membenarkan berita ini. Ia mendapat kabar langsung dari anak almarhum.

"Iya (meninggal dunia), confirmed dari anaknya," ujar Christina, dikutip Sabtu (27/5/2023).

Sarwono Kusumaatmadja merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar berlatar belakang sipil pertama. "Beliau adalah sekjen sipil pertama di Golkar," kata Waketum Partai Golkar Nurul Arifin kepada wartawan, dikutip Sabtu (27/5/2023).

Nurul mengakui, Golkar kehilangan sosok politikus senior. "Kami turut belasungkawa mendalam atas wafatnya salah satu tokoh yang pernah menjadi Sekjen Golkar di zaman era Presiden Soeharto. Kita kehilangan tokoh cerdas, organisator yang mumpuni," kenangnya.

"Selamat jalan Pak Sarwono, semoga keteladananmu terpatri di bangsa ini. Kami dari Partai Golkar merasa kehilangan," imbuhnya.


Sekilas Profil

Sarwono Kusumaatmadja lahir di Jakarta, 24 Juli 1943. Ia merupakan lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung 1974.

Almarhum juga pernah mendapatkan bintang Mahaputera Adipradana semasa hidupnya. Ia juga pernah menjabat anggota DPR RI dan Sekjen DPP Partai Golkar (1983-1988). 

Pernah terpilih dalam Pemilu Legislatif 2004 sebagai anggota DPD RI dari DKI Jakarta periode 2004-2009. Sarwono kemudian menjabat sebagai penasihat terpercaya untuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Ketua Inisiatif Perubahan Iklim Indonesia.

Sarwono Kusumaatmadja bahkan sempat terdaftar sebagai calon gubernur DKI Jakarta bersama Jeffrie Geovanie dari jalur independen. Namun, pasangan tersebut terdiskualifikasi dalam pencalonan Gubernur DKI. (tim redaksi)


#sarwonokusumaatmadjameninggaldunia

#sarwonokusumaatmadjatutupusia

#kabardukacita

#kabarduka

#mantanmenterilingkunganhidup

#menterieraordebaru

#menterieragusdur

#mantanmenterierasoeharto

#politisipartaigolkar

Tidak ada komentar