Breaking News

PSSI Tenang Punya 2 Pelatih Andalan, Erick: Coach Indra Fokus Asian Games, Shin Tae Yong ke Piala Asia

 

Indra Sjafri dan Shin Tae Yong sedang berdiskusi. (Istimewa/ Instagram @indrasjafri_coach)


WELFARE.id-Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin Indra Sjafri fokus menangani Garuda Muda, Timnas Indonesia U-22. Dengan kata lain, Indra tidak lagi menduduki jabatan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI usai membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023.

Erick Thohir mengungkapkan bahwa Indra yang sebelumnya rangkap jabatan, diminta untuk fokus mengurus Garuda Muda U-22 untuk Asian Games 2023 sekaligus kualifikasi Piala Asia 2023. Sebagai gantinya, nanti akan dicarikan Dirtek dari pihak eksternal, seperti dari negara Jepang dan Jerman yang saat ini sedang bekerja sama dengan federasi.

Sementara Shin Tae Yong tetap menangani skuad Garuda senior yang bakal tampil di Piala Asia.

Ketika rombongan Timnas Indonesia U-22 yang mengikuti kirab juara sampai ke panggung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Erick menyatakan skuad juara SEA Games 2023 itu akan dipersiapkan untuk Asian Games.

Erick lantas menegaskan pembagian tugas dua sosok pelatih, Indra dan Shin, terkait agenda pada waktu dekat yang cukup banyak. "Saya ingin memberi kesempatan kepada coach Indra dan para pemain SEA Games untuk Asian Games. Jadi untuk Asian Games, tetapi juga ada kualifikasi kejuaraan dunia (Piala Dunia) untuk 2026 yang dimulai Oktober dan November," ucapnya, dikutip Sabtu (20/5/2023).

Menteri BUMN itu juga menambahkan, dalam waktu dekat, timnas akan melakukan training camp tiga minggu pada Desember untuk Piala Asia 2023. "Alhamdulillah saya punya dua coach jagoan. Kita bagi tugas. Coach Shin Tae Yong akan ke Piala Asia dan coach Indra yang satunya ke Asian Games. Saya sudah bicara dengan keduanya dari hati ke hati ya kita harus kompak harus bersatu," ujar Erick.

Keberhasilan meraih emas SEA Games tak lantas membuat Erick menargetkan gelar di level yang lebih tinggi. Namun bukan berarti ia tak ingin memperbaiki kualitas Timnas Indonesia.

"Kita meningkatkan kualitas tim nasional. Dan kalau kita bilang mau juara Asian Games, AFC, terlalu muluk-muluk. Tetapi kalau kita bisa memenuhi AFC, di kualifikasi kejuaraan dunia kita tingkatin ranking tim nasional kan bagus. Asian Games kan bagus pengalaman pemain yang muda kita supaya lebih bagus lagi," paparnya panjang lebar. (tim redaksi)


#timnassepakbolaindonesia

#sepakbola

#pelatih

#indrasjafri

#shintaeyong

#ketumPSSIerickthohir

#prestasi

#persiapanpialaasia2023

#persiapanasiangames

Tidak ada komentar