Breaking News

Menkeu Kasih Kode, Tahun Depan Gaji PNS Naik

 

PNS. (Ilustrasi/ Dok.Merdeka)


WELFARE.id-Sinyal adanya kenaikan gaji PNS tahun depan makin kuat. Hanya saja, Menteri Keuangan Sri Mulyani belum memastikan, karena menunggu pengumuman presiden.

Saat ini, katanya, pemerintah tengah serius menghitung kenaikan gaji tersebut. 

"Bapak presiden nanti akan menyampaikan RUU APBN 2024 pada 16 Agustus. Salah satu yang sedang kita hitung secara serius, detail, adalah kenaikan gaji ASN, TNI, Polri dan pensiunan. Jadi supaya enak dan tegang terus tanggal 16 Agustus pak presiden (akan menyampaikan)," ucapnya, setengah bercanda di Istana Presiden, Jakarta, dikutip Rabu (31/5/2023).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata menekankan, tidak akan ada kenaikan gaji PNS di tahun ini. Sedangkan pada 2024 masih belum ditentukan karena RAPBN masih dalam tahap awal pembahasan

Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memang sempat mengusulkan ke Sri Mulyani untuk menaikkan gaji ASN di tahun depan. Kenaikan gaji PNS ini rencananya dilakukan melalui revisi pemberian tunjangan kinerja (tukin). 

Di mana reward akan diberikan lebih banyak bagi abdi negara yang bekerja maksimal. Sehingga penghasilan akhir yang diterima lebih besar.

"Karena sekarang dipukul rata, tunjangan kinerja menjadi hak, ya kinerjanya begitu-begitu saja. Oleh karena itu, kita usulkan ada gaji yang agak dinaikkan, ini sedang dibahas bersama menteri keuangan," kata Anas sebelumnya.

Adapun gaji PNS sendiri belum pernah mengalami penyesuaian sejak 2019 silam. Artinya sudah empat tahun berturut-turut para abdi negara tak merasakan kenaikan gaji.

Saat itu, kenaikan gaji ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil. Melalui peraturan tersebut, Jokowi menaikkan gaji rata-rata ASN sekitar 5%, termasuk bagi personel TNI dan Polri. 

Pertimbangannya dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS. Gaji semua PNS di seluruh Indonesia adalah sama sesuai PP Nomor 15 tahun 2019 di mana masa jabatan terendah ditetapkan sebesar Rp1.560.800 dan Rp5.901.200 untuk masa jabatan tertinggi. Yang membedakan adalah tunjangan kinerjanya. (tim redaksi)


#rencanakenaikangajiPNS

#menterikeuangan

#srimulyaniindrawati

#menPANRB

#abdullahazwaranas

#gajiPNS

#presidenjokowidodo

Tidak ada komentar