Breaking News

Lezat dan Cocok Disantap Bareng Keluarga, Berikut 5 Rekomendasi Restoran Hot Pot di PIK

 

Menu hidangan hot pot. (Ilustrasi/ Net)


WELFARE.id-Ketenaran menu hot pot atau biasa disebut steambot atau sup panci panas adalah kuliner yang berasal dari negeri Tiongkok. Biasanya dalam hot pot berisi aneka daging, sayuran, bihun, udang, dan kuah kaldu yang gurih. 

Sajian ini sangat cocok disantap bareng keluarga atau kerabat karena seporsi memiliki isi yang lumayan banyak. Nah, resto hot pot lezat banyak menjamur di kawasan Pecinan Jakarta, salah satunya di pusat kuliner baru Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Berikut 5 rekomendasi restoran hot pot di PIK, melansir berbagai sumber, Jumat (12/5/2023):


1. Haidilao Hot Pot

Restoran yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 02.00 dini hari. Tersedia berbagai layanan, mulai dari pesan antar, makan di tempat, dan take away. 

Resto ini menawarkan hot pot bercitarasa otentik Sichuan. Di sini ada beberapa pilihan sup yang bisa dipesan.

Di antaranya tomyam, sichuan mala, atau laksa. Kamu bisa minta level pedasnya ditambah kalau kamu memang spicy lovers. 

Untuk pilihan dagingnya juga beragam. Bukan hanya itu, side dish seperti baso ikan keju dan kulit ikan goreng juga mantap rasanya.

Haidilao telah membuka 935 jaringan restoran di Tiongkok, Singapura, AS, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Inggris, Malaysia, Vietnam, Indonesia, dan Australia. Lokasi: Mall PIK Avenue, 3rd, Jl. Pantai Indah Kapuk No 6, RT 6/RW 2, Kamal Muara, Penjaringan.


2. Hong Yun Hot Pot

Bagi yang ingin mencicipi hot pot di Hong Yun Hot Pot, kunjungi restoran tersebut setiap hari pada pukul 11.00 - 23.00 WIB. Buat kamu yang sulit buat memutuskan, bisa banget pesan tiga jenis sup sekalian di Hong Yun Hot Pot. 

Dengan begitu, kamu bisa mencicipi semuanya. Pilihan dagingnya ada banyak, begitu pula aneka seafood yang bisa dicoba.

Buat menambah kelezatan hidangan hot pot di sini, ada juga aneka mushroom dan sayuran segar. Tambahan noodle juga bikin perut terasa lebih kenyang. 

Lokasi: Ruko Golf Island Blok L No 23, 25, 26, Pantai Indah Kapuk St No 23, RT 6/RW 2, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.


3. Shu Guo Yin Xiang

Beberapa menu yang bisa dinikmati di sini seperti chicken herbal soup, tomato soup, sup jamur, sup ayam kolagen, dan masih banyak menu lezat lainnya. Salah satu menu yang paling terkenal di Shu Guo Yin Xang adalah tofunya. 

Ada sekitar 8 varian menu tofu yang bisa kamu pilih dan dikombinasikan dengan jenis sup. Pork Bone Soup merupakan pilihan sup yang rasanya rich dan menarik buat dicoba.

Sichuan Mala Soup di Shu Guo Yin Xang juga oke punya lho. Banyak yang ketagihan sama jenis sup ini karena rasanya unik dan otentik. 

Selain daging, jangan lupa buat pesan appetizer seperti Crispy Fried Pork atau Tamago Beancurd Roll. Lokasi: Ruko Crown Golf, Kapuk, tepatnya di Jl. Pantai Indah Kapuk Blok D No 62-63, RT 6/RW 2, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. 


4. Eight Treasures

Tempat makan hot pot satu ini yang paling terkenal adalah jenis collagen broth. Sup yang terbuat dari bone broth ini terkenal baik untuk kesehatan karena memiliki banyak nutrisi dan vitamin. 

Pilihan daging di restoran hot pot di Jakarta ini juga beragam, termasuk appetizer yang bikin acara makan lebih memuaskan. Lokasi: Arcade Business Center Ground Floor, Jl. Pantai Indah Utara 1 No 2, RT 2/RW 7, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara. 


5. Firepot Suki

Menyajikan paket menu mulai dari harga Rp130.000 per paket kalian bisa menikmati menu suki sepuasnya dengan durasi satu jam. Tak perlu khawatir, restoran ini menyajikan menu halal tanpa pork dan lard. 

Sehingga dapat dikunjungi oleh siapa pun. Setiap harinya tempat makan yang satu ini buka dari pukul 10.00 - 22.00 WIB. 

Lokasi: Mall PIK Avenue Lantai 1 #E6, Jl. Pantai Indah Barat No 1, RT 6/RW 2, Kamal Muara, Penjaringan.


Sejarah Kuliner Hotpot

Konon sajian hot pot diperkirakan berasal dari Mongolia 800-900 tahun yang lalu. Bahan utama sajian ini awalnya adalah daging, termasuk daging kambing dan kuda dengan kaldu yang tidak pedas. 

Kemudian hot pot menyebar ke seluruh Tiongkok, di mana variasi regional dari berbagai wilayah di Tiongkok punya variasi yang berbeda. Sajian ini kemudian berkembang dan bertahan hingga hari ini.

Sajian satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut cerita, Kaisar Qianlong dari dinasti Qing adalah penggemar berat sajian berkuah satu ini. 

Ada banyak jenis bahan makanan yang bisa dipadukan untuk dijadikan isian sajian ini, mulai dari aneka daging, ikan hingga sayuran. Lebih menariknya lagi, sajian ini akan terasa lebih nikmat saat dinikmati beramai-ramai. 

Hot pot sebenarnya cukup sederhana, di mana kunci sajian ini adalah kuah kaldu mendidih disajikan dalam panci, kemudian berbagai pilihan daging mentah sesuai selera, serta aneka sayuran segar yang dimasukkan ke dalam panci, tunggu sebentar hingga matang, kemudian keluarkan dari panci dan langsung disantap. Sebagian rasa yang membuat sajian ini nikmat berasal dari kuah kaldu yang dipilih. 

Kuah kaldu ini bisa dibuat dari paduan tulang babi, atau sapi, ayam maupun seafood. Untuk mendapatkan kuah kaldu yang gurih dan kaya.

Bagian penting lainnya adalah pilihan saus. Kamu bisa mencoba membuat saus hot pot istimewa yang terbuat dari satu buah telur mentah, pasta wijen, sedikit gula dan garam, pasta cabai atau minyak cabai jika suka citarasa pedas, tambahkan rajangan daun ketumbar untuk menambah aroma agar lebih sedap. 

Semangkuk nasi putih, mie, bihun ataupun jenis mie lainnya bisa kamu padukan untuk menikmati hotpot, apalagi di musim penghujan. (tim redaksi)


#sajianmenuhotpot

#rekomendasirestoranhotpotdiPIK

#restohotpotdiPIK

#sajianberkuah

#kuahkaldu

#rekomendasikuliner

Tidak ada komentar