Breaking News

Harley-Davidson "Murah" Buatan India Siap Meluncur, Harganya Cuma Dibanderol Rp50 Jutaan

 

Motor Harley-Davidson. (Ilustrasi/ Net)


WELFARE.id-Buat kamu pecinta motor gede, kabar ini mungkin membahagiakan. Pasalnya, produsen motor gede Harley-Davidson (HD) dikabarkan membuat produk murah untuk pasar India.

Model itu diberi nama Harley-Davidson X440. Motor ini merupakan hasil kolaborasi HD dengan Hero MotoCorp. 

Melansir laporan dari India, Rabu (31/5/2023), estimasi harganya di kisaran Rs2,5 lakh hingga Rs3 lakh (atau sekitar Rp48 jutaan-Rp61,6 jutaan). Harga tersebut, diklaim lebih murah dari HD X350 buatan Tiongkok yang saat meluncur dikisaran Rp74 juta.

Kerja sama Harley-Davidson dengan Hero MotoCorp sendiri, memang sudah terjalin sejak 2020 lalu. Pabrikan India ditunjuk sebagai distributor resmi melalui jaringan dilernya dan menjual pernak-pernik di bawah lisensi HD.

Namun melihat pasar yang tumbuh di India, mereka memutuskan untuk membuat X440 dan melego buat pasar lokal sana. Spesifikasi mesinnya juga belum dibeberkan. 

Tapi dari gambar yang sudah beredar jelas terlihat, plus kode nama yang digunakan, HD X440 diprediksi menggunakan mesin silinder tunggal 440 cc berikut sistem pendingin udara. Keluaran tenaga diprediksi sekitar 38 PS dan torsi puncak 30 Nm. 

Tenaga disalurkan menggunakan transmisi (kopling manual) 6-speed. Bukan pakai sabuk (belt) melainkan rantai ke roda belakang. 

Powertrain dan komponen dibuat oleh Hero MotoCorp di India.  Walaupun diproduksi di India oleh Hero MotoCorp, Harley-Davidson sepertinya tetap punya andil dalam merancang desain dan garis bodi X440. 

Tampilan keseluruhan masih mirip dengan saudara X series lain. Tangki bahan bakar dibuat kekar, lampu depan bulat, rumah speedometer bundar di atas lampu depan, setang lebar dan panel bodi minimalis.

Tampilan boleh klasik dan basic, tapi lampu utama sudah mengadopsi proyektor LED seperti cincin dengan elemen berbentuk pil horizontal. Sangat modern.

Di atasnya, bertuliskan Harley-Davidson. Lampu sein memiliki logo Harley-Davidson di dalamnya.  Perhatian yang bagus terhadap detail kendaraan. Di buritan terdapat lampu ekor yang juga sudah LED berbentuk pipih.

Cluster instrumen melingkar tampaknya merupakan unit LCD monochrom. Tapi semoga saat peluncurkan resmi pakai TFT dengan konektivitas Bluetooth yang memungkinkan navigasi, panggilan dan notifikasi. Seperti punya Royal Enfield.

Kalau diperhatikan, Harley-Davidson termurah ini terlihat seperti Iron 883 versi lebih kecil. Kemudian jok bisa dipakai tandem.

Komponen lain yang sudah terlihat ialah garpu depan USD, pengaturan cakram tunggal di kedua ujungnya dengan ABS dua kanal. Lalu peredam kejut kembar di belakang, pijakan kaki netral, pelek racing dual tone 17 inci di belakang dan depan 18 inci. 

Semua ini dipasang dalam balutan rangka teralis tubular. Ruang mesin menghitam, knalpot menghitam mungkin jadi elemen penting demi berkesan gahar.

Bagian penempatan pijakan kaki terlihat sama dengan motor harian, lebih berada ke tengah, tidak menjorok ke depan. Sehingga postur berkendara lebih tegak. 

Sudut kemiringan tidak terlalu mengesankan sebagai standar dari HD. Ground clearance dibuat tinggi, sekitar 200 mm lebih. (tim redaksi)


#harleydavidson

#serix440

#harleydavidsonberhargamurah

#produksiindia

#otomotif

#pasarindia

#pasarasia

Tidak ada komentar