Breaking News

Google Ancam Hapus Gmail Akhir 2023, Intip Tips Ini Agar Akun Kamu Aman

 

Akun Gmail. (Ilustrasi/ net)


WELFARE.id-Google membuat kebijakan baru. Mereka mengumumkan kebijakan ini melalui blog resmi raksasa mesin pencari tersebut.

Perusahaan akan mulai menghapus akun yang tidak aktif pada Desember 2023, tetapi hanya pengguna Gmail gratis yang tunduk pada kebijakan baru. Jika kamu memiliki alamat Gmail dari kantor atau sekolah, itu akan tetap aman meskipun tidak aktif.

Alasan pemberlakuan kebijakan tersebut adalah, akun email gratis dari Google dianggap kurang aman dibandingkan dengan akun aktif dan rentan terhadap penyalahgunaan. Google pun memutuskan akan menghapus setiap akun gratis yang sudah lama tidak digunakan selama dua tahun. 

Keputusan ini diambil untuk melindungi pengguna Gmail yang tidak aktif tersebut dari pencurian data dan kejahatan siber lainnya. Namun perlu dicatat, bukan cuma akun Gmail yang akan terdampak oleh kebijakan ini, tetapi semua ekosistem di Google Workspace. 

Antara lain mencakup Docs, Drive, Meet dan Calendar. Google juga memutuskan hal yang sama berlaku bagi akun YouTube dan Google Photos. 

Akun dan akses keduanya juga bakal dihapus jika pengguna tak aktif selama 2 tahun. "Sebelum menghapus akun, kami akan mengirimkan banyak notifikasi beberapa bulan sebelumnya. Notifikasi akan dikirim ke alamat email utama dan email recovery (jika tersedia)," ungkap Google, dikutip Selasa (30/5/2023).

Untuk menghindari masalah tersebut, Google memberikan setidaknya enam tips agar akun bisa terus aktif digunakan dan tidak terhapus oleh sistem di akhir 2023 nanti. Cara termudah untuk menjaga agar akun tetap aktif adalah dengan masuk setidaknya setiap 2 tahun sekali. 

Itu seharusnya cukup mudah dilakukan. Memeriksa dan memperbarui keamanan dan privasi akun Gmail kamu secara teratur akan membantu mengaktifkan akun.

Berikut adalah tips yang dijabarkan Google, agar akun kamu tidak dihapus sepihak:

- Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email;

- Gunakan Google Drive, pakai untuk menonton video YouTube;

- Unduh aplikasi di Google Play Store;

- Gunakan Google Search untuk browsing;

- Gunakan Google untuk masuk ke aplikasi atau registrasi di website.

- Selain itu, kamu juga bisa menggunakan akun Google untuk langganan seperti Google One, publikasi berita, atau aplikasi, juga dihitung sebagai aktivitas;

- Masuk ke Foto Google setiap dua tahun untuk dianggap aktif. (tim redaksi)


#akungmail

#googlebakalhapusgmailgratis

#gmailtidakaktif

#demikeamanan

#proteksikeamanandata

#proteksikejahatansiber

#gmail

#google

Tidak ada komentar