Breaking News

Diperkirakan Telan Rp1,854 Triliun, Penobatan Raja Charles III Dibayangi Aksi Unjuk Rasa

 

Raja Charles III dan topi penobatan.(Istimewa/ Net)


WELFARE.id-Perayaan penobatan Pangeran Charles menjadi Raja Inggris akan digelar selama 3 hari, mulai 6-8 Mei 2023. Media Inggris memperkirakan rangkaian perayaan penobatan Pangeran Charles menjadi Raja Inggris menelan biaya sebesar 100 juta poundsterling atau sekitar Rp1,854 triliun.

Upacara penobatan Raja Inggris berlangsung di Westminster Abbey hari ini, Sabtu (6/5/2023), pukul 10.00 waktu setempat atau sekitar pukul 16.00 WIB. Seusai upacara penobatan, Pangeran Charles yang bergelar Raja Charles III beserta ratu akan diarak ke jalan utama di Kota London untuk menyapa publik dalam rangkaian acara pesta jalanan nasional. 

Selanjutnya, pada Minggu (7/5/2023), akan berlangsung konser Windsor Gardens, yang akan menampilkan sejumlah penyanyi dunia, termasuk Lionel Richie dan Katy Perry. Pada Senin (8/5/2023), akan berlangsung acara yang digelar relawan nasional yang disebut The Big Help Out.

Pangeran Charles dikabarkan meminta rangkaian perayaan penobatannya sebagai Raja Inggris dipersingkat. Mengingat Inggris masih belum pulih dari krisis akibat dampak pandemi dan perang Rusia-Ukraina. 

Melansir Times, Sabtu (6/5/2023), ratusan ribu pekerja Inggris, di antaranya dokter, guru, dan masinis kereta api dikabarkan bergabung melakukan aksi pemogokan karena menuntut gaji yang lebih baik dan menentang kemewahan penobatan Raja Inggris. Aksi pemogokan lebih lanjut oleh petugas lalu lintas dan pekerja Bandara Heathrow juga dikabarkan membayangi perayaan penobatan Raja Inggris Sabtu (6/5/2023). 

Sebatas informasi, pada penobatan Ratu Elisabeth II di tahun 1953 yang disebut sebagai upacara termahal yang pernah diadakan oleh Kerajaan Inggris pada saat itu, biaya yang dikeluarkan sekitar 1,57 juta pounsterling atau setara 56 juta poundsterling pada saat ini. 

Itu sebabnya, banyak warga Inggris yang memprotes biaya penobatan Pangeran Charles III yang lebih tinggi jika dikaitkan dengan kondisi krisis saat ini yang membuat banyak orang kesulitan biaya hidup. Disebutkan, biaya paling tinggi untuk penobatan Pangeran Charles III menjadi Raja Inggris adalah untuk keamanan, yang tidak menjadi perhatian besar beberapa dekade yang lalu. (tim redaksi)


#penobatanrajacharlesIII

#penobatanrajainggris

#penobatanditengahkrisisekonomi

#demoburuh

#rajacharlesIII

Tidak ada komentar