Breaking News

Content Creator Perlu Punya Produk Ini, Ringkas dan Ringan Bisa Diajak Traveling

 

Peluncuran Yamaha digital mixing console DM3 di Jakarta, Selasa (30/5/2023). (WELFARE.ID)


WELFARE.id-Content creator kini sudah menjadi pilihan profesi anak muda. Dari yang awalnya iseng-iseng membuat video, saat viewers dan subscribers naik, otomatis diikuti kenaikan adsense.

Jika sudah begitu, orang semakin giat membuat konten dan mencari ide kreatif sembari pelan-pelan terus meningkatkan kualitas editing, gambar, dan suara. Nah, jika kamu salah satu orang yang berniat terjun menjadi content creator, atau mungkin mau menambah kualitas editing, produk digital mixing console Yamaha DM3 bisa jadi pilihan.

Salah satu cara agar konten di media sosial, seperti YouTube dan TikTok yang sedang digandrungi anak muda semakin menjangkau banyak orang, adalah aktif melakukan interaksi dengan penonton dan pengikut. Interaksi dua arah yang paling mungkin yaitu melalui siaran langsung atau live streaming.

Ada juga content creator yang menjadikan podcast sebagai media berbagi informasi, sekaligus berkomunikasi dengan para pengikut akun mereka. "Bahkan bagi beginners (pemula dan orang awam) pun bisa dengan mudah mengikuti tutorial penggunaan digital mixer ini. Bentuknya ringkas, simpel, dan fleksibel dari sisi penggunaannya. Produk ini juga tidak membutuhkan space besar di studio yang mini sekalipun, jadi cocok untuk studio podcast di ruang terbatas," jelas Manager Marketing & Technical Marketing PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMID) Ryan Indra Kusumah, disela-sela peluncuran Yamaha DM Series di Gedung Yamaha Music Center, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Desain console DM3 Series dibuat agar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pengalaman pengguna. Misalnya, ia memberi contoh, nama channel dapat ditampilkan dalam berbagai bahasa, sesuai penggunanya.

Ia melanjutkan, bahkan sebelum profesi content creator booming, lanjutnya, pangsa pasar pro audio sudah cukup luas. Ia merinci, dari mulai kebutuhan instalasi, broadcast, post production, concert hall, hingga penggunaan audio untuk tempat ibadah.

"Belum lagi untuk entertainment, recording, dan sebagainya. Nah, ada juga market perorangan yang membutuhkan sistem audio tapi yang simpel, seperti untuk streaming, online gaming, dan home recording. Nah DM3 series cocok untuk market ini," imbuhnya.

Meskipun kompetitor di pro audio juga cukup banyak, tapi menurutnya, ada satu keunggulan dari DM3 series ini. "Kami tawarkan konsep "less is more". Walaupun punya ukuran ringkas dan berat hanya 6,5 kg, justru bukannya mengurangi spesifikasi, malah memungkinkan pengguna untuk "do more". Karena seringkali kata ringkas itu dikaitkan dengan keterbatasan, sehingga diasumsikan pengurangan fungsionalitas, konektivitas, atau kualitas suara. Tapi justru stereotipe itu kita patahkan, buktinya DM3 series bisa diaplikasikan untuk live sound, live band dengan multi performer, bahkan ideal digunakan sebagai submixer untuk mixer berkoneksi dante," imbuh Ass Manager Technical Marketing YMID Edmons Angkawijaya.

Dengan kata lain, bagi penggunaan pribadi sebagai content creator yang lebih sederhana atau juga kebutuhan recording musik yang rumit sekalipun bisa-bisa saja. Ada dua model yang bisa dipilih, DM3 yang memiliki jaringan audio Dante atau DM Standard tanpa koneksi Dante.

Meski ada perbedaan, tapi dua produk tersebut punya fitur dan keunggulan yang sama-sama bisa diandalkan bagi penggunanya. Simpel, intuitif, dan powerful.

Produk ini juga memiliki warisan "natural sound", sehingga memungkinkan para engineer menangkap suara di atas panggung secara akurat. Selanjutnya, bisa mempersiapkan keseluruhan sistem dengan cepat dan fleksibel.

Kemudian, punya keunggulan jika dipakai untuk live streaming. "Saat live streaming dituntut teknik yang unik dan seringkali menjadi tantangan untuk diakomodasi tanpa membutuhkan perlengkapan outboard dan ruang tambahan. Karena unit dilengkapi I/O analog dan USB teminal, memungkinkan untuk mengirim audio ke DM3 Series dan mengirimkan mix audio langsung ke komputer dengan cukup membuka software streaming,"  papar Edmons panjang lebar. (tim redaksi)


#produkyamaha

#digitalmixer

#digitalmixingconsole

#contentcreator

#livestreaming

#marketproaudio

#musik

Tidak ada komentar