Breaking News

6.383 Jemaah Haji RI Kloter I Tiba di Madinah Hari Ini, 4.200 Petugas Siap Melayani

 

Suasana ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. (Ilustrasi/ Pexel)


WELFARE.id-Kloter 1 penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M dimulai Rabu (24/5/2023) dini hari. Keberangkatan kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) sebanyak 388 jemaah dilepas langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Faisal Abdullah Al Amudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Tiba di Bandara Soeta, Menag Yaqut langsung menyapa jemaah di ruang tunggu keberangkatan dan meninjau ruang fast track. "Tahun depan kita usahakan fast track tidak hanya di sini melainkan di beberapa tempat, terutama di provinsi yang jemaahnya banyak. Kami mohon doa bapak/ibu semua," kata Yaqut saat mengunjungi ruang fast track bersama Syekh Faisal Abdullah Al Amudi.

Menag mengatakan, jemaah tahun ini merupakan orang-orang yang terpilih berangkat ke Baitullah. Ibadah haji memerlukan fisik yang prima. 

Karenanya, jemaah haji harus selalu memperhatikan aspek kesehatan selama di perjalanan, di Arab Saudi, hingga nantinya kembali lagi ke Tanah Air. "Jangan terlalu memaksakan diri dalam beraktivitas, termasuk beribadah sunah. Terlebih bila merasa kesehatannya tidak memadai," imbaunya.

Dengan cuaca yang lebih panas dari Indonesia, jemaah Indonesia harus mampu menyesuaikan diri agar kondisi tetap fit. Pemerintah telah menyiapkan para petugas untuk memberikan layanan kesehatan bagi jemaah.

"Jangan sungkan untuk bertanya atau berkonsultasi jika ada keluhan terkait kesehatan. Telah disiapkan petugas yang akan memberikan pelayanan, pelindungan, dan pembinaan kepada jemaah," pesan Menag.

Tahun ini, jemaah haji lanjut usia (lansia) jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk para lanjut usia.

Menag minta para petugas lebih ramah dan peduli kepada jemaah lansia. Seluruh jemaah haji juga diajak untuk bersama memberikan kepedulian kepada para lansia yang ada dalam rombongannya.


4.200 Petugas Haji Tiba Lebih Dulu

Sebanyak 4.200 petugas yang telah tiba di Arab Saudi pada Sabtu (20/5/2023). Mereka telah menempati pos tugasnya masing-masing untuk bersiap melayani para jemaah. 

Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal dalam rangka menyambut kedatangan para jemaah haji tahun 2023. Salah satunya adalah layanan transportasi untuk mengantar para jemaah ke hotel tempat mereka bermalam di Madinah.

Akan ada sekitar 8-10 bus yang disiapkan di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA Madinah) untuk mengantar setiap kloter jemaah. Menurutnya, akan ada dua sektor di Daker Bandara yang secara bergiliran akan memberikan layanan 24 jam dalam menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia. 

Di Madinah, ada lima sektor wilayah perhotelan, satu sektor Bir Ali, dan satu sektor khusus Masjid Nabawi yang juga siap memberikan pelayanan, pembinaan, dan pelindungan kepada jemaah. "Bismillah, Insya Allah PPIH Arab Saudi siap menyambut kedatangan jemaah Indonesia dan siap memberikan pelayanan kepada para dhuyufurrahman," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, dikutip Rabu (24/5/2023).

Total ada 16 kloter jemaah haji Indonesia yang akan tiba di Madinah pada hari yang sama. Adapun, jemaah dari embarkasi Jakarta-Pondek Gede (JKG) akan menjadi rombongan pertama yang mendarat di Madinah. 

"Total ada 6.383 jemaah yang berangkat dari delapan embarkasi, yaitu: Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB),” bebernya. (tim redaksi)


#jemaahhajikloterpertama

#penyelenggaraanhaji2023

#jemaahhajiindonesia

#menteriagama

#yaqutqolilqoumas

#embarkasi

#petugashaji

Tidak ada komentar