Breaking News

5 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula, Lesu hingga Insomnia

 

Kebanyakan makan gula.(ilustrasi/net)


WELFARE.id-Kebanyakan mengonsumsi gula terbukti menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Salah satunya, diabetes. 

Maka itu, sebelum terlambat, sebaiknya batasi konsumsi gula mulai sekarang. Menurut The American Heart Association, wanita direkomendasikan mengonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh atau 24 gram gula tambahan setiap hari.

Sedangkan pria, mengonsumsi tidak lebih dari 9 sendok teh, atau 36 gram setiap hari. Biasanya, jika terlalu banyak konsumsi gula, tubuh pun mulai menunjukkan tanda-tanda kelebihan manis.

Sehingga, tubuh perlu di-detoks gula. Melansir berbagai sumber, Kamis (4/5/2023), berikut 5 tanda tubuh perlu detoks gula:

 1. Lesu

Memang benar bahwa gula terurai menjadi karbohidrat, yang memasok energi ke dalam tubuh. Kadar gula darah yang stabil hanya dapat dipertahankan selama kadar insulin terkendali. 

Kadar gula yang tidak terkontrol juga dapat berarti penurunan tingkat energi, yang dapat membuat kamu merasa lelah, kusam, mengantuk, dan mungkin lesu saat menjalani hari.

2. Kehilangan Fokus

Terlalu banyak gula sebenarnya dapat menyebabkan kadar gula darah naik, yang dikaitkan dengan menyebabkan sejumlah masalah kognitif dan mengganggu pemikiran sementara. Salah satunya kehilangan fokus.

3. Berat Badan Meningkat

Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat membuat berat badan meningkat. Sebab, gula tinggi kalori.

Selain itu, konsumsi gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang membuat tubuh jadi kebal dengan penambahan berat badan. Hal ini berbeda dengan protein dan serat yang justru mampu menjaga fungsi pencernaan dan berat badan tubuh.

4. Insomnia

Jika kamu memiliki kebiasaan makan sesuatu yang manis saat larut malam atau setelah makan malam, kamu perlu segera mengontrolnya. Kelebihan asupan gula bisa menyebabkan kamu sulit tidur. 

Makan gula melepaskan semburan tingkat energi yang tidak seimbang dalam tubuh pada saat tubuh sedang mempersiapkan diri untuk tidur dan idealnya istirahat.

5. Cepat Lapar

Konsumsi protein dan serat akan memberi efek kenyang pada tubuh. Sebaliknya, konsumsi gula justru membuat tubuh jadi cepat lapar lagi, meski sudah mengonsumsi macam-macam. (tim redaksi)


#detoksgula

#tubuhkelebihangula

#konsumsigulaberlebih

#picudiabetes

#insomnia

#cepatlapar

Tidak ada komentar