Breaking News

Timbulkan Kerusakan Luas, Amukan Badai Tornado di AS Renggut 26 Jiwa Warga

Satu keluarga di Kota Arkansas memeriksa puing mobilnya yang rusak parah di atas bangunan rumahnya akibat topan tornado. Foto: AFP

WELFARE.id-Badai tornado yang menyapu wilayah barat tengah dan selatan Amerika Serikat (AS) merenggut 26 jiwa. Badai ini paling tidak menyambangi delapan negara bagian di negara Paman Sam tersebut. 

Badai ini merobek jalan-jalan raya utama penghubung ibu kota Arkansas. Meruntuhkan atap gedung pertemuan di Illinois dan merusakkan ribuan rumah warga hingga luluh lantak.

Korban tewas termasuk setidaknya sembilan orang di satu wilayah Tennessee, empat orang di kota kecil Wynne, Arkansas, tiga orang di Sullivan, Indiana, dan empat orang di Illinois.

Sedangkan sisa korban tewas lain akibat badai yang melanda Jumat (31/3/2023) malam hingga Sabtu (1/4/2023), dilaporkan di Alabama dan Mississippi. Bersamaan dengan satu korban dekat Little Rock, Arkansas, lebih dari 2.600 bangunan berada di jalur tornado.

Sementara di Kota Wynne, sebuah komunitas berpenduduk sekitar 8.000 orang, sekitar 50 mil (80 kilometer) barat Memphis, Tennessee, warga yang terbangun pada hari Sabtu menemukan atap sekolah menengah di daerah ini robek dan jendelanya pecah. 

Pohon-pohon besar serta cabang-cabang pohon tergeletak di tanah. Dinding, jendela, dan atap bangunan mengotori rumah dan bangunan bisnis yang rusak. 

Seorang warga, Ashley Macmillan mengatakan dia, suami, dan anak-anaknya berkumpul dengan anjing mereka di kamar mandi kecil saat tornado melewati kediaman mereka. "Kami saling berdoa dan mengucapkan selamat tinggal, karena kami pikir kami sudah mati," terangnya.

Tiba-tiba sebuah pohon tumbang jatuh, merusak rumah mereka dengan parah, tetapi tidak ada anggota keluarga yang terluka. ”Kami bisa merasakan rumah berguncang, mendengar suara keras, piring-piring berderak. Kemudian suasana menjadi tenang, ” katanya juga.

Upaya pemulihan sudah mulai berlangsung, dengan para pekerja menggunakan gergaji mesin dan buldoser membersihkan area tersebut. Kru utilitas bekerja untuk memulihkan tenaga.

Setidaknya tujuh orang tewas di McNairy County, Tennessee, sebelah timur Memphis di sepanjang perbatasan Mississippi, kata David Leckner, wali kota Adamsville. ”Mayoritas kerusakan telah terjadi pada rumah dan daerah pemukiman,” kata Leckner.

Gubernur Tennessee, Bill Lee pergi ke wilayah perkampungan, Sabtu (31/3/2023), untuk memantau kerusakan akibat tornado. Dia mengatakan badai itu mengakhiri pekan "terburuk" dalam masa jabatannya sebagai gubernur. 

Badai muncul hanya  beberapa hari setelah penembakan di sekolah wilayah Nashville yang menewaskan enam orang, termasuk seorang keluarga dari temannya, yang pemakamannya dia dan istrinya, Maria, hadiri pada hari sebelumnya. (tim redaksi)



#tornado

#amerikaserikat

#kotaarkansas

#delapannegarabagian

#gubernurtennessee

#billlee

#kerusakanparah

Tidak ada komentar