Breaking News

Planetarium Tak Kunjung Buka Usai Direvitalisasi, Ternyata Ini Penyebabnya

Planetarium. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Planetarium di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang sudah direvitalisasi, hingga kini belum dibuka kembali. Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan, fasilitas utama dari planetarium berupa proyektor 'star ball' mengalami kerusakan.

"Secara fisik sebenarnya berdasarkan informasi eksterior dan interior 100 persen selesai. Hanya fasilitas utama yaitu Star Ball-nya itu mengalami kerusakan," kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana di Jakarta, dikutip Sabtu (8/4/2023).

Sementara berdasarkan laporan yang diterima dari JakPro,  pihaknya kesulitan memperbaiki proyektor berusia tua itu karena hanya ada satu vendor yang bisa memperbaiki. "Memang hanya ada satu vendor karena khusus sekali, jadi sedang melakukan upaya pendekatan dari JakPro," ucapnya.

Iwan berharap agar JakPro segera menyelesaikan revitalisasi POJ TIM. Pasalnya banyak masyarakat yang menantikan fasilitas ini dibuka kembali

"Masyarakat sudah tak sabar ingin menikmati planetarium," katanya lagi. Sorotan terhadap POJ yang tak kunjung diaktivasi usai revitalisasi TIM sempat diutarakan oleh F-PSI DPRD DKI Jakarta. 

PSI menyebutkan situs itu kini tak lagi berfungsi bak gedung mati. Wakil Ketua Komisi E Bidang Kesejahteraan Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo juga menyayangkan situs Planetarium dan Observatorium Jakarta di Taman Ismail Marzuki yang tidak berfungsi sejak revitalisasi yang dilakukan BUMD Jakpro selesai. (tim redaksi)


#planetariumjakarta

#TIM

#tamanismailmarzuki

#starballplanetariumrusak

#revitalisasi

#jakpro

Tidak ada komentar