Breaking News

Mudik Menggunakan Bus: Kampung Rambutan Masih Normal, Tanjung Priok Melonjak

 

Pemudik tengah menunggu kedatangan bus di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pada H-6 Lebaran 2023 ini, jumlah penumpang jurusan Jawa Timur khususnya Madura mengalami kenaikan. 


WELFARE.id-Penumpang bus yang akan mudik di sejumlah terminal di Ibu Kota mulai terlihat meningkat. Meski peningkatan penumpang juga belum terlalu ramai. 


Seperti yang terlihat di Terminal Kampung Rambutan pada H-6 Lebaran atau Minggu 16 April 2023, masih belum terlalu ramai meski ada peningkatan. 


Jumlah penumpang pada hari itu tercatat 613 orang dan diprediksi akan terus meningkat hingga pada puncak arus mudik yang diperkirakan pada Rabu 19 April 2023 dan Kamis 20 April 2023. 


Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengatakan pada 14 April 2023 kemarin tercatat lonjakan penumpang mencapai 686 orang yang berangkat dari Terminal bus Kampung Rambutan.


Laalu pada 15 April 2023 tercatat sebanyak 1.321 penumpang yang berangkat dari Terminal ini. ”Kalau untuk Minggu baru sekitar 613 penumpang yang berangkat,” terangnya. 


Dia juga memaparkan, hari normal atau hari biasa jumlah penumpang yang berangkat ke luar kota  di sekitar 300 hingga 400 penumpang dari Terminal Bus Kampung Rambutan.


Terkait persiapan Lebaran 2023 ini, Yulza mengatakan pihaknya tidak menyiapkan persiapan khusus apapun untuk angkutan mudik tahun ini. 


Tapi pihaknya memang mempersiapkan standar angkutan penumpang Lebaran yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. 


Seperti pembuatan posko kesehatan untuk para penumpang dan supir, ramp check, maupun dari pos layanan terpadu bergabung dengan instansi kepolisian dan lainnya. Hal tersebut telah rutin dilaksanakan dari tahun ke tahun.


“Untuk kesehatan pengemudi juga telah menjadi perhatian bagi kami. Sehingga, rutin dilaksanakan adanya posko kesehatan hingga H+7, ramp check pun demikian kami terus melakukan pengecekan,” paparnya juga. 


Berbeda dengan Terminal Kampung Rambutan, pada H-6 Lebaran 2023 ini para pemudik mulai memadati area Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Minggu 16 April 2023) malam .


Tampak ribuan pemudik memadati  area keberangkatan bus dan loket pemesanan tiket. Selain itu, barang bawaan mereka yang dikemas dalam tas dan kardus-kardus berukuran besar berserakan di pinggiran terminal


Para pemudik tersebut mulai antre di area Terminal Tanjung Priok dari siang hari hingga malam hari menunggu keberangkatan bus.


Sementara itu, Kepala Terminal Tanjung Priok Muzofar Surya Alam mengatakan kalau pemudik yang naik bus dari Terminal Tanjung Priok didominasi tujuan Jawa Timur, khususnya Pulau Madura.


Dia juga mengatakan pada H-6 Lebaran ini, ada sebanyak 1.125 penumpang diberangkatkan dari Terminal Tanjung Priok menggunakan 87 bus dari berbagai perusahaan otobus (PO).


"Kalau H-6 atau Minggu 16 April 2023 ada sebanyak 1.125 penumpang yang mudik, busnya itu sekitar 87 bus dari berbagai PO," ujar Muzofar. (tim redaksi)



#mudik2023

#lebaran

#mudikdenganbus

#terminalkampungrambutan

#terminaltanjungpriok

Tidak ada komentar