Breaking News

Meski sudah Pulang ke Rumah tapi David Ozora Wajib Jalani 5 Kali Terapi dalam Sepekan

 

Cristalino David Ozora dipapah orangtunya saat meninggalkan RS Mayapada Kuningan, Jakarta Selatan tempat dirinya dirawat usai mendapatkan penganiayaan Mario Dandy Satrio. 


WELFARE.id-Usai menjalani perawatan nyaris dua bulan, Rumah Sakit (RS) Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan memperbolehkan korban penganiayaan Mario Dandy Satrio, David Ozora pulang ke rumah. 


David telah melakukan serangkaian perawatan selama 53 hari. Mulai dari RS Permata Hijau, Kebakaran Lama, hingga RS Mayapada Kuningan karena penganiayaan parah. 


Meski sudah diperbolehkan pulang ke rumah, Cristalino David Ozora akan menjalani fisioterapi sebanyak tiga sampai lima kali dalam sepekn oleh tim dokter RS Mayapada. 


“Dia masih akan menjalani proses fisioterapi berkala kurang lebih tiga sampai lima kali seminggu,” ucap dokter Yeremia Tatang, salah seorang tim dokter RS Mayapada dalam konferensi pers, Minggu (16/4/2023).


Dokter Tatang juga mengatakan kalau David akan menjalin fisioterapi fisik di RS Mayapada hingga satu bulan ke depan.


Fisioterapi ini meliputi latihan memori ingatan dan latihan kognisi untuk menghindari ada trauma pascamengalami penganiayaan secara brutal oleh Mario Dandy. 


Meski telah diperbolehkan dirawat di rumah, tetap kondisi kesehatan David akan dipantau ketat oleh tim dokter yang merawatnya.


“Jadi kita benar-benar memantau, kita takut terkena PTSD (post traumatic stress disorder) atau kejadian traumatik pascatrauma,” terang Tatang juga. 

PTSD ini yang akan dipantau ketat oleh dokter. 


”Supaya dia tidak mengalami PTSD kejadian yang cukup berarti akibat kejadian penganiayaan kemarin,” terang Tatang juga.


Tim dokter menegaskan dalam satu bulan ini, fase pemulihan David menjadi sangat penting agar bisa kembali normal seperti sediakala.


Tidak hanya terapi fisik yang menjadi perhatian tim dokter, nutrisi dan juga organ dalam David yang terinfeksi akibat dianiaya juga dikontrol secara berkala.


Kemudian, tim dokter menyampaikan David Ozora belum dapat sekolah dalam waktu dekat. Sebab, kondisi motorik halus David belum sepenuhnya pulih.


”Kondisi akan berbeda setiap orang, ada yang cepat, ada yang lambat. Memang secara kita lihat 50 hari ini cukup progresnya cukup signifikan, cukup drastis,” lanjutnya juga. 


Tetapi kata Dokter Tatang lagi, biasanya untuk motorik-motorik halus untuk kognisi yang tersisa mungkin akan pulih dengan memakan  waktu sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.


Usia David yang terbilang muda diharapkan tim dokter dapat membuatnya pulih lebih cepat. 

Menurut dokter, wajar jika ada sedikit keterlambatan proses pemulihan karena sejak dirujuk kondisi David dalam keadaan koma dan terluka parah.


Untuk diketahui, Cristalino David Ozora dianiaya oleh Mario Dandy, anak mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. 

Kini David telah diperbolehkan pulang usai menjalani perawatan intensif hampir dua bulan atau tepatnya 53 hari di dua rumah sakit. 


Kondisi David kian membaik dan sudah bisa menjalani aktivitas sehari-hari seperti makan, minum sendiri bahkan bermain telepon selular (ponsel). (tim redaksi)



#penganiayaanberat

#davidozora

#RSMayapada

#RSPermataHijau

#rawatjalan

#anakpejabat

#mariodandy

Tidak ada komentar