Breaking News

Ini Makna Jumat Agung yang Dirayakan Umat Kristen dan Katolik

Ilustrasi salib yang menjadi simbol pengorbanan Yesus Kristus bagi umat manusia. Foto: net

WELFARE.id-Umat Kristiani di seluruh Tanah Air akan merayakan Jumat Agung pada Jumat (7/4/2023) besok. Karena itu, pemerintah menetapkan tanggal 7 April 2023 sebagai hari libur nasional. 

Untuk diketahui, peringatan Jumat Agung yang dirayakan oleh umat Kristen dan Katolik berbeda dengan Hari Paskah, meskipun keduanya merupakan hari besar agama tersebut. 

Jadi, Jumat Agung merupakan salah satu dari tiga hari suci yang akan dirayakan oleh umat Kristen dan Katolik menjelang hari Paskah. 

Adapun rangkaian hari suci ibadah adalah Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Paskah di hari Minggu. 
Biasanya, umat Kristen menggelar kebaktian pada Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah.

Masih banyak yang bertanya-tanya kenapa disebut Jumat Agung? Selain itu juga, seperti apakah perayaan yang dilakukan umat Kristen pada saat Jumat Agung? 
 
Berdasarkan sejumlah sumber, perayaan Jumat Agung dilakukan untuk  mengenang peristiwa penyaliban Yesus Kristus serta kematiannya saat disalib. 

Di sejumlah negara, perayaan Jumat Agung juga dinamakan berbeda-beda. Yakni dengan istilah seperti Good Friday, maupun Holy Friday dan Great Friday tapi dengan makna yang sama.

Umat Kristen dan Katolik di seluruh dunia menganggap kalau Jumat Agung menjadi salah satu hari yang sangat penting dalam sejarah dunia. 

Pasalnya, proses penyaliban dan kebangkitan Yesus diyakini umat Kristen dan Katolik merupakan sebuah titik awal dari kehidupan seluruh umat manusia di bumi.
 
Adapun Jumat Agung dalam agama Kristen sebelumnya dimaknai sebagai hari berduka. Hari Jumat itu merupakan hari yang kelam, dan suram lantaran memperingati penderitaan yang ditanggung Yesus Kristus. 

Saat perayaan Jumat Agung itu, biasanya umat Kristen dan Katolik akan berpuasa. Berpuasa ini dilakukan umat Kristen dan Katolik untuk memperingati Jumat Agung karena hari yang khidmat.

Hingga kini, sejarah Jumat Agung ini tidak diketahui secara jelas dan pasti, tetapi dipercaya kalau perayaan tersebut dimulai pada abad ke-4 Masehi lalu.

Beberapa ahli agama Kristen dan Katolik percaya bahwa Jumat Agung merupakan Jumat Tuhan. Tapi lantas berevolusi serta dimaknai sebagai hari yang baik. 

Makna hari yang baik itu mengacu pada hari ataupun musim yang akan dirayakan sebagai hari suci oleh setiap gereja Kristen dan Katolik. 

Karena itu ada juga umat Kristen dan Katolik yang menyebut Jumat Agung sebagai Good Wednesday atau hari Rabu sebelum Paskah.

Berdasarkan penelusuran, istilah Good Friday ini tertulis dalam buku berjudul The South English Legendary yang terbit pada tahun 1920 yang ditulis oleh seseorang bernama Baltimore Catechism. 

Berdasarkan penelusuran, berikut beberapa ibadah yang dilakukan oleh umat Kristen dan Katolik saat Jumat Agung yakni melakukan ibadat sabda,  melakukan penciuman salib, dan melakukan ibadah komuni. (tim redaksi)


#jumatagung
#penyalibanyesus
#rangkaianpaskah
#kristen
#katolik
#hariliburnasional

Tidak ada komentar