Ganti Nakhoda, MMKSI Optimistis Hadapi Tantangan Tahun Ini
WELFARE.id –Atsushi Kurita baru saja ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menggantikan Naoya Nakamura yang sudah lima tahun bertugas di Indonesia. Meski begitu, sederet kegiatan sudah menanti. Mulai dari peluncuran dua produk baru yang akan meramaikan pasar SUV dan kendaraan listrik, meningkatkan penjualan, hingga soal kepuasan konsumen.
Salah satu produk baru adalah Mitsubishi XFC Concept yang sudah dipamerkan di enam kota seluruh Indonesia. Sedangkan mobil listrik yang dimaksud adalah Minicab MiEV, juga bakal dipasarkan sebagai bagian percepatan kendaraan listrik di Indonesia. "Kami akan memperkenalkan Mitsubishi XFC tahun ini. Kami belum bisa menginformasikan lebih jauh. Mobilnya akan mirip dengan model konsep. Kami juga tengah mempersiapkan membuat baterai untuk kendaraan EV," ujarnya saat acara iftar MMKSI, di Jakarta, dikutip Kamis (6/4/2023).
Tahun 2022 merupakan tahun yang penuh tantangan dan kompetisi namun juga penuh dengan berbagai kesempatan baru seiring dengan membaiknya pandemi COVID-19 dan pemulihan kondisi ekonomi serta pasar otomotif. Di tahun 2022 pula, pasar otomotif hampir kembali ke level sebelum pandemi tahun 2019 dengan tembus 1 juta unit, tumbuh 17 persen dibandingkan 2021. Sepanjang tahun 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), berhasil memanfaatkan momentum ini dan membukukan capaian positif untuk penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia.
MMKSI berhasil menjaga posisi di pasar otomotif Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 10,6 persen tahun 2022. Ini pun menjadi salah satu komitmen untuk memberikan ragam produk, layanan dan pengalaman terbaik dari Mitsubishi Motors untuk para pelanggan dan masyarakat di Indonesia.
Untuk tahun 2023, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 975 ribu unit. Proyeksi ini menjadi dorongan tersendiri bagi MMKSI untuk terus mempertahankan eksistensi, dan meningkatkan kualitas pada sisi produk, layanan penjualan, dan purna jual terbaik kepada konsumen melalui kompetisi di pasar otomotif di Indonesia. “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI dan melewati berbagai tantangan yang ada di tahun 2022. Upaya MMKSI di tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan yang positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen”, ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023.
“Apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian kami di tahun 2022 menjadi semangat dan memotivasi kami untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors untuk Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di Kawasan ASEAN. Saya ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang paling tinggi atas dukungan pemberitaan terbaik kepada MMKSI, brand dan model Mitsubishi Motors di Indonesia, serta keramahan kepada saya secara personal selama memimpin MMKSI. Saya mendapatkan banyak pengalaman terbaik selama bertugas di Indonesia. Selanjutnya saya ingin memohon dukungan terbaik dari Anda untuk Mr. Kurita sebagai Presiden Direktur PT MMKSI periode berikutnya,” lanjutnya.
Naoya Nakamura telah memiliki andil penting di MMKSI selama hampir lima tahun sejak 2018 dalam memberikan kontribusi yang sangat baik bagi bisnis Mitsubishi Motors di Indonesia. Dia telah membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat untuk membawa kesuksesan PT MMKSI dan berhasil mempertahankan bisnis MMKSI melewati berbagai rintangan terutama pada masa pandemik COVID-19 yang sangat mempengaruhi proses bisnis secara global. Ia bahkan mampu menorehkan rekor angka penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarahnya di Indonesia, yaitu pada tahun 2021 lalu dengan pencapaian 104.407 unit, atau berkontribusi lebih dari 12 persen terhadap penjualan MMC secara global, yang sekaligus menjadikan MMKSI sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global.
Performa MMKSI 2022
Merujuk pada data penjualan retail GAIKINDO tahun kalender 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia mencatat angka penjualan sebanyak 97.936 unit, yang terdiri dari penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit, dan kendaraan niaga ringan sebanyak 28.307 unit. Dengan rincian per model dan segmen sebagai berikut:
-Xpander : 32.772
-Xpander Cross : 17.145
-Pajero Sport : 19.686
-Triton 4x4 : 9.013
-L300 : 19.161
Sementara dari sisi purnajual, MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif di mana pada tahun 2022, total kendaraan datang untuk melakukan servis dan perawatan naik sebesar 7 persen. Selain itu, pertumbuhan penjualan suku cadang, aksesoris dan genuine part naik sebesar 7 persen dibandingkan dengan tahun 2021. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi MMKSI untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada. (tim redaksi)
#otomotif
#mitsubishi
#mmksi
#mobillistrik
#kendaraan
Tidak ada komentar