Breaking News

Cadangan Devisa RI Naik, Capai USD145,2 M

Ilustrasi (net)

WELFARE id-Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia per Maret 2023 mencapai USD145,2 miliar. Angka ini meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Februari 2023 sebesar USD140,3 miliar.
"Peningkatan posisi cadangan devisa pada Maret 2023 antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan penarikan pinjaman luar negeri pemerintah," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Erwin mengatakan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,4 bulan impor atau 6,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Cadangan devisa ini disebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

"Seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," pungkasnya. (tim redaksi)

#devisa
#cadangandevisa
#cadangandevisari
#bankindonesia
#ekonomi

Tidak ada komentar