Breaking News

Arab Saudi Tetapkan Idul Fitri 2023 Jatuh pada Jumat 21 April 2023

 

Ilustrasi salat Idul Fitri yang digelar di Arab Saudi. Foto: net


WELFARE.id-Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah mengumumkan Idul Fitri ditetapkan bertepatan dengan Jumat (21/4/2023). Melansir laman The National News, semua imam telah diminta melakukan salat Jumat seperti biasa.


Saat Idul Fitri 1444 Hijriah tiba, umat Islam pergi ke masjid untuk melakukan sholat Idul Fitri di pagi hari, tetapi mereka yang ingin tetap tinggal setelahnya dapat melakukan salat Jumat.


"Pada kesempatan di mana Idul Fitri bertepatan dengan hari Jumat, siapa pun yang bangun sepanjang malam kemudian menghadiri salat Idul Fitri tidak diwajibkan untuk menghadiri salat Jumat di masjid," kata warga negara Inggris yang tinggal di Jeddah, Zohair Ahmad.


Tapi lebih baik jika dia salat Jumat. Pengecualian lain adalah bahwa adzan tidak disyariatkan di masjid-masjid di mana salat Jumat diadakan.


Sementara itu, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi pada Selasa 11 April 2023 mengumumkan libur Idul Fitri selama empat hari untuk sektor swasta dan nirlaba di negara kerajaan tersebut. 


Libur Lebaran akan dimulai pada Jumat (21/4/2023). Artinya, warga bisa memulai liburnya di penghujung hari kerja pada Kamis (20/4/2023).


Beberapa kantor diperkirakan akan dibuka kembali pada Kamis (29/4/2023). Sementara itu sekolah masuk kembali pada Senin (30/4/2023). (tim redaksi)



#harirayalebaran

#idulfitri1444hijriah

#arabsaudi

#negarakerajaan

#bertepatanharijumat

#pemerintaharabsaudi

#kementerianurusanislam

Tidak ada komentar