Breaking News

10 Hari Hilang, Helikopter Militer Jepang Akhirnya Ditemukan

 

Ilustrasi (net)


WELFARE.id-Helikopter militer Jepang yang membawa 10 anggota awak, hilang kontak pada Kamis, (6/4/2023). Pesawat diyakini telah jatuh ke laut lepas pulau selatan. Sebabnya benda-benda yang tampak seperti bagian-bagian pesawat terlihat di wilayah itu.


Menurut kepala Pasukan Bela Diri Darat, Yasunori Morishita, helikopter Black Hawk UH-60 menghilang dari radar pada Kamis sore saat melakukan misi pengintaian di utara pulau Miyako, bagian dari prefektur Okinawa, Jepang. Seorang komandan senior Pasukan Bela Diri Darat, Letnan Jenderal Yuichi Sakamoto, termasuk di antara mereka yang ikut dalam penerbangan itu. Dua pilot, dua mekanik, dan enam awak berada di dalam UH-60JA, termasuk seorang jenderal GSDF dari divisi ke-8.


Setelah 10 hari, tim penyelamat Jepang akhirnya menemukan puing-puing helikopter dan lima jasad Minggu (16/4/2023). Tetapi belum ada rincian identitas mayat yang ditemukan. "Masih ada lima korban yang belum ditemukan, jadi operasi pencarian dan penyelamatan dilakukan secara bersamaan," katanya.


Tim penyelamat penjaga pantai telah menemukan beberapa potongan puing yang tampaknya berasal dari helikopter. Termasuk di antaranya pintu, pisau yang patah, dan sekoci penyelamat kuning yang masih dikemas di dalam tas.


Belum ada indikasi apa yang menyebabkan kecelakaan itu. Militer Jepang, yang dibatasi pada kegiatan yang bersifat defensif oleh konstitusi negara pascaperang, beberapa kali mengalami kecelakaan.


Pada Januari 2022, sebuah jet tempur Jepang jatuh di perairan lepas pantai wilayah Ishikawa tengah, menewaskan dua pilot di dalamnya.


Pada 2019, jet siluman F-35A jatuh ke laut, setelah lepas landas dari timur laut Jepang dalam misi pelatihan. Kecelakaan itu memicu perebutan untuk menemukan pilot dan rahasia di atas kapal. Kementerian pertahanan Jepang kemudian mengatakan pilot, yang tewas dalam kecelakaan itu, tampaknya mengalami disorientasi spasial. (tim redaksi)


#helikopterjatuh

#helikoptermiliterjepangjatuh

#jepang

#japanmilitary

#okinawa

Tidak ada komentar