Breaking News

Tertunda 2 Tahun, Film Buya Hamka Akhirnya Siap Tayang

Poster film Buya Hamka 

WELFARE.id-Sempat ditunda selama dua tahun dari rencana awal, akhirnya film Buya Hamka bakal tayang di bioskop. Buya Hamka akan tayang pada bulan Ramadan ini. 

Falcon Pictures dan Starvision mengawali kabar baik itu dengan merilis poster film yang mengangkat kisah hidup seorang tokoh yang dihormati di berbagai kalangan, ulama besar dan sastrawan Indonesia, yakni Buya Hamka. 

Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau lebih dikenal dengan Buya Hamka sendiri merupakan seorang pahlawan nasional, ulama sekaligus sastrawan, dan juga politikus. Salah satu jasa besar Buya Hamka dalam dunia Islam Indonesia adalah, lahirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Sedangkan dalam karya seni, selain banyak menerbitkan buku-buku dakwah seperti tafsir Al Azhar, Tasawuf Modern, dan Falsafah Hidup.Buya Hamka juga menghasilkan karya seperti novel Merantau ke Deli, Di Bawah Lindungan Kabah, dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. 

"Ini adalah bentuk dedikasi kami kepada dunia hiburan Indonesia. Karena film Buya Hamka, bukan hanya menghibur, tapi juga memberikan tuntunan. Kami juga berharap, banyak pelajaran positif yang bisa dipetik usai menonton film ini," kata produser Falcon Pictures, Frederica dikutip Kamis (23/3/2023). 

"Dan momen Lebaran merupakan waktu yang pas, untuk menikmati film Buya Hamka bersama keluarga," lanjutnya. 

Sedangkan produser Starvision, Chand Parwez menuturkan, proses pembuatan film Buya Hamka sangat panjang dan memakan biaya yang besar. 

"Saya mengucap syukur, alhamdulillah karena karya fenomenal yang berproses sejak Bapak Din Syamsuddin menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengajak saya untuk membuat film tentang Buya Hamka, seorang ulama besar, dan kyai nasionalis yang menjadi Ketua MUI pertama. Karya Film kerjasama Starvision dan Falcon dengan MUI ini membutuhkan 9 tahun dengan biaya besar, kini telah siap tayang di bioskop. Bismillahirrohmanirrohim," ucapnya. 

Chand menambahkan, film dibuat seringan mungkin. Dengan begitu, penonton lintas generasi dari anak-anak hingga dewasa bisa menyimaknya. "Film ini bukan jadi film yang berat. Ini film yang gampang dinikmati. Banyak tawa, banyak tangis, banyak haru. Ini film hiburan, tidak perlu diberat-beratkan. Sangat pantas dirayakan pada hari kemenangan," tambahnya. 

Film Buya Hamka akan tayang pada 20 April 2023. Film ini dibintangi oleh Vino G Bastian yang memerankan Buya Hamka dan Laudya Cynthia Bella yang memerankan istri dari sang ulama. 

"Jadi memang sangat hati-hati sekali sih. Jangan sampai terjebak mendramatisasi tapi lupa dengan faktanya. Satu pengalaman spiritual bukan hanya sebagai pemain film, tapi sebagai manusia. Saya tidak boleh mengeluarkan improvisasi suatu dialog atau apa pun yang pernah diucapkan oleh seorang Buya. Ketika di film ini kita buat yang dialami Buya, tanpa mengurangi atau melebihkan," cerita Vino G Bastian. 

"Kesulitan sih, iya banget karena dari bahasa juga. Karena kalau bahasa dihapal mudah ya. Tapi ini bahasa buat dialog, sulit ya. Untuk bahasa jadi rasa ke hati connect itu butuh waktu yang panjang. Sementara aku reading hanya sekitar 20 hari dan menurut aku kalau bisa pilih pilih please, satu bulan lagi readingnya. Selain itu, kesulitan lainnya adalah, harus memperdalam pengetahuan dengan memperbanyak literasi dan riset tentang Buya Hamka dan hubungannya dengan Siti Raham," ungkap Bella yang memerankan Siti Raham, istri Buya Hamka. 

Sekjen MUI (Majelis Ulama Indonesia), Buya Amirsyah memberikan apresiasi untuk film Buya Hamka yang akhirnya bakal tayang. Sosok Buya Hamka bukan orang sembarangan untuk MUI. 

"Dalam waktu dekat film Buya Hamka akan tayang di bioskop. Buya Hamka bukan saja seorang ulama, tapi juga filsuf dan sastrawan terkemuka di berbagai negara. Buya Hamka juga menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia pertama dan aktif dalam Muhammadiyah hingga akhir hayatnya," tandasnya. 


Fajar Bustomi selaku sutradara sudah sangat mendalami karakter Buya Hamka. Riset yang dilakukan oleh Fajar Bustomi mulai dari buku-buku dan biografi sang ulama. 

"Dalam membuat film ini, saya meriset, buku apa-apa saja yang dipelajari Buya Hamka semasa hidupnya dan biografi beliau. Menurut saya, ketika membuat biografi seorang tokoh, sutradara harus juga mempelajari cara berpikir si tokoh. Secara tidak langsung, kita berusaha untuk masuk ke dalam pola pikir tokoh ini. Akhirnya tokoh dan sutradara ini memiliki kedekatan. Sehingga memudahkan sutradara saat membuat filmnya," tandasnya. 

Selain Vino G Bastian dan Laudya Chintya Bella, film Buya Hamka juga dibintangi Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaiman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama. (tim redaksi) 


#film

#filmindonesia

#buyahamka

#filmbuyahamka

#mui

Tidak ada komentar