Breaking News

Seorang Lansia Positif, Chile Temukan Kasus Pertama Flu Burung pada Manusia

Ilustrasi virus flu burung. Foto: AFP

WELFARE.id-Temuan kasus flu burung yang menyerang manusia kembali terjadi. Setelah terjadi di Kamboja pada akhir bulan lalu, kasus penularan virus H5N1 itu menyerang manusia di Chile. 

Otoritas kesehatan Chile mendeteksi kasus pertama flu burung pada manusia di negara itu pada Rabu (29/3/2023). Kasus tersebut terdeteksi pada seorang pria berusia 53 tahun yang menunjukkan gejala influenza parah.

Meski begitu tapi menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Chile, pasien tersebut dalam kondisi stabil.

Pemerintah Chile juga tengah menyelidiki sumber penularan serta orang lain yang pernah kontak dengan pasien. Chile telah melaporkan kasus flu burung H5N1 sejak akhir tahun lalu pada hewan liar.

Kasus terbaru di peternakan industri menyebabkan pemerintah menghentikan ekspor unggas. Kasus industri virus flu burung juga terdeteksi di Argentina, tetapi Brasil, pengekspor unggas terbesar di dunia, tetap bebas dari penularan.

Otoritas kesehatan Chile mencatat virus itu dapat ditularkan dari burung atau mamalia laut ke manusia, tetapi tidak ada penularan dari manusia hingga saat ini.

Awal tahun ini, Ekuador mengonfirmasi kasus pertama penularan flu burung pada manusia pada seorang gadis berusia 9 tahun.

Pejabat kesehatan WHO sebelumnya mengatakan risiko penularan virus H5N1 antarmanusia rendah, tetapi pembuat vaksin telah menyiapkan suntikan vaksin flu burung untuk manusia. 

Vaksin itu "untuk berjaga-jaga" agar virus flu burung tidak menyebar ke seluruh dunia dan menjadi pandemic seperti yang terjadi pada virus Corona. (tim redaksi)


#virusfluburung
#H5N1
#WHO
#kamboja
#chile
#seorangprialanjutpositif
#kemenkeschile

Tidak ada komentar