Breaking News

Masuk Opsi, Penerapan Ganjil Genap di Ruas Tol saat Mudik Lebaran

Kepadatan kendaraan di pintu tol. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Musim mudik Lebaran tahun ini dipastikan membludak. Maklum, sudah tidak ada lagi larangan PPKM dan sebagian besar masyakat sudah divaksin booster, sehingga masyarakat menjadi lebih leluasa untuk bersilaturahmi di kampung halaman.

Maka itu, sudah dipastikan jalur mudik bakal padat merayap. Berbagai upaya tengah disiapkan agar mudik menjadi lancar.

Salah satu opsi yang disiapkan untuk memperlancar mudik ialah penerapan ganjil genap di tol. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, berbagai opsi untuk memperlancar lalu lintas mungkin saja dilakukan, termasuk ganjil genap.

"Semua opsi-opsi manajemen traffic yang diperlukan untuk memastikan bahwa rasio itu tetap bisa terpenuhi, tidak sampai 1. Sebab angka 1 ini berarti tidak bergerak, itu mungkin saja kita lakukan," katanya kepada wartawan, dikutip Selasa (21/3/2023).

Ia pun meminta masyarakat agar terus memantau informasi yang terjadi di tol. "Oleh karena itu masyarakat saya harapkan betul-betul bisa mengikuti informasi sedang dilaksanakan apa di jalan tol," imbaunya.

Ia juga menambahkan, ketika lalu lintas padat bukan tidak mungkin ganjil genap diberlakukan spontan di tol. Tidak hanya itu, ganjil genap bisa saja dilakukan ke arah tempat wisata.

"Ketika situasi padat, bukan suatu yang tidak mungkin di pintunya sudah kita tutup, yang ganjiil genap kita berlakukan di sana. Tapi sekali lagi ganjil genap juga nanti akan diberlakukan pada saat mereka berada di destinasi yang mau ke tempat pariwisata segala macam," paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmo menyampaikan, untuk mendukung mudik Lebaran sebanyak 12 ruas tol sepanjang 195 km akan dioperasikan secara fungsional. "Insya Allah, kami merencanakan ada 195 km sebanyak 12 ruas yang akan kami fungsionalkan. Dan dalam waktu dekat kami dari PUPR akan cek dulu," terangnya.

Selain itu, perbaikan-perbaikan di seluruh tol juga dilakukan khususnya pada tol yang berlubang. Perbaikan ini ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran.

Pelebaran jalur juga dilakukan di beberapa ruas untuk mendukung mudik Lebaran di antaranya Tol Jakarta-Cikampek. "Lalu ada beberapa ruas yang kami laksanakan pelebaran yaitu Jakarta-Cikampek sepanjang 16 km dari Jakarta menuju Cikampek, dan juga arus kembalinya dari Cikampek menuju Jakarta 12 km kami targetkan tanggal 8 April ini," bebernya lagi.

Selanjutnya, pelebaran jalur tol juga dilakukan pada ruas tol menuju Pelabuhan Merak. "Lalu ke arah barat yaitu dari Jakarta menuju Merak saat ini sedang kami laksanakan pelebaran sepanjang 20 km yang kami targetkan H-10 akan akan selesai," tuntasnya. (tim redaksi)


#ganjilgenap

#lalulintas

#lalulintasmudiklebaran

#musimmudiklebaran

#kepadatandijalurtol

#ganjilgenapditol

#gage

Tidak ada komentar