Breaking News

Irish Coffee Lagi Ngetren, Kunci Enaknya Ada di 4 Bahan Utama Ini

Irish Coffee. Foto: Ilustrasi/ net

WELFARE.id-Minuman Irish Coffee mendadak terkenal. Meski begitu, Kopi Irlandia ini bukan untuk semua kalangan.

Sebab, kopi yang memiliki sejarah panjang bagi orang Irlandia ini, mengandung alkohol. Ya, Irish coffee adalah contoh racikan kopi yang ditambahkan minuman alkohol. 

Gagasan tentang minum kopi panas beralkohol sebenarnya sudah ada selama beberapa waktu lalu, sejak abad ke-19 di kedai kopi di Wina, Jerman, dan Denmark.

Diketahui, pertama kali kopi ini dibuat pada tahun 1940-an oleh seorang chef asal Irlandia Joe Sheridan. Ada sejarah unik di balik racikan Irish Coffee.

Pada 1943, sebuah pesawat Pan Am yang terbang ke New York kembali lagi ke Foynes karena kondisi cuaca buruk. Joe Sheridan pun diminta untuk balik ke bandara dan mempersiapkan makanan dan minuman hangat untuk para penumpang. 

Karena memang kondisi cuaca saat itu sedang musim dingin. Joe Sheridan lalu menyiapkan ramuan yang mampu menghangatkan tubuh penumpang. 

Ketika seorang penumpang bertanya apakah racikan kopi itu adalah kopi Brazil, Sheridan pun menjawab jika itu adalah kopi Irlandia atau Irish Coffee. Pada 1951, penulis perjalanan bernama Stanton Delaplane berkesempatan mencicipi Irish Coffee di Bandara Foynes. 

Ia lalu memperkenalkan racikan kopi ini kepada pemilik hotel The Buena Vista bernama Jack Koeppler dan memintanya untuk meracik ulang. Setelah berusaha berapa kali dan gagal, Koeppler untuk mencari tahu langsung dari sumbernya. 

Koeppler lalu menghampiri Joe Sheridan di Limerick, Irlandia untuk mempelajari cara meracik Irish Coffee yang benar. Sekembalinya, Koeppler pun menyempurnakan resep yang sampai saat ini masih digunakan di hotel Buena Vista. 

Sheridan juga ditawari untuk bekerja di Buena Vista dan akhirnya ia bekerja selama sepuluh tahun di sana. Nah, kamu jadi tahu kan sejarah Kopi Irlandia ini.

Nah, sekarang soal tampilan. Melansir laman nescafe.com, Selasa (28/3/2023), Irish Coffee biasanya dicampur wiski.

Terdiri dari empat bahan utama yaitu kopi, wiski Irlandia, gula, dan krim. Namun seiring berjalannya waktu, ada banyak variasi minuman kopi klasik ini.

Saat membuat Kopi Irlandia ini, penting untuk memastikan komposisi kopinya kuat dan wiski yang digunakan adalah wiski Irlandia. Karena jika wiski diganti, itu berarti bukan Irish Coffee.

Irish Coffee biasanya memiliki krim kental di bagian atasnya. Untuk memastikan krim mengapung di atas kopi dan tidak tenggelam, biasanya krim akan dikocok sebelum diletakkan di atas kopi. (tim redaksi)


#irishcoffee

#kopiirlandia

#kopidanwiski

#kopiberalkohol

#kopikhasirlandia

#ditambahkrim

#minumankekinian

Tidak ada komentar