Breaking News

Hasil Sarasehan Sepakbola, Liga 2 Dihentikan dan Pergantian Nama Kompetisi Lokal

Logo kompetisi Liga 2. Foto: Ilustrasi/ Twitter

WELFARE.id-Sarasehan sepak bola dengan klub Liga 1 dan Liga 2 menyepakati beberapa hal penting. Salah satunya soal kelanjutan kompetisi Liga 2.

PSSI sepakat menghentikan kompetisi Liga 2 dan akan menunjuk operator baru untuk musim depan. Sehingga tidak berwenang untuk melanjutkan Liga 2.

Kabar ini dipertegas melalui unggahan Hamka Hamzah, pemain Bekasi FC dan eks Timnas Indonesia yang turut hadir dalam Sarasehan tersebut. Melalui postingan di akun Instagramnya @hamka23hamzah, ia sedikit menerangkan hasil keputusan PSSI.

"Selesai sudah perjuangan kita untuk kelanjutan Liga 2. PSSI sudah memutuskan untuk memulai Liga 2 dengan operator baru," tulis Hamka, dikutip Selasa (7/3/2023).

Dengan kata lain, Liga 2 2022/2023 resmi dibatalkan dan berpindah tangan kepada operator baru. Sebelumnya, operator yang memegang jalannya Liga 2 ialah PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dengan demikian, pihak operator baru tidak dapat melanjutkan kompetisi yang telah dijalankan oleh LIB. Operator baru akan menggelar Liga 2 dengan jadwal baru, musim depan.

CEO Gresik United Muhammad Alan menyambut positif sarasehan ini. Ia pun meminta semua peserta sarasehan untuk optimistis setelah mendengar paparan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Kami Liga 2 sepakat untuk melihat ke depan persiapan kompetisi musim 2023-2024 dan sepakat untuk memulai kompetisi baru di November 2023-2024. Walaupun agak berat hati karena tim kami saat ini masih latihan tapi saya harus melihat suara mayoritas yang tidak mau lanjut semoga kami bisa persiapkan tim lebih matang lagi," ujar Alan.

Berikut hasil Sarasehan Sepakbola Klub Liga 2 :

1. Klub Liga 2 sepakat untuk menatap kompetisi ke depan, di mana dalam sarasehan Liga 2, seluruh diskusi berpusat pada perbaikan musim 2023/2024 hingga 2024/2025;

2. Tim kerja telah dibentuk untuk melakukan kajian perihal operator di Liga 2;

3. Klub Liga 2 apresiasi bahwa objektif dari perubahan kalender kompetisi adalah untuk peningkatan nilai komersial, di mana hal itu akan menyehatkan finansial klub Liga 2 secara menyeluruh ke depannya;

4. Musim Liga 2 2023/2024 akan dimulai di November 2023 hingga Juni 2024, di mana akan ada mini turnamen dari jeda waktu setelah Piala Dunia U-20 2023, yaitu Juli-September.

Liga 1 & Liga 2 Ganti Nama

Selain penghentian kompetisi Liga 2, PSSI juga berencana mengubah nama kompetisi Liga 1 dan 2 musim depan atau 2023/2024. Rencana itu sudah disepakati dalam sarasehan antara perwakilan klub dan PSSI di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/3/2023) lalu.

Liga 1 akan berubah nama menjadi Liga Indonesia, sedangkan Liga 2 bernama Liga Nusantara. Kalender pertandingan kedua kompetisi juga akan beririsan karena nantinya kemungkinan besar akan bertemu di Piala Presiden.

"Semuanya, apakah itu Liga 1 dan Liga 2 akan memperebutkan trofi Piala Presiden. Jadwal kapan Liga 1 dan 2 mulai juga sudah kami tetapkan,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha, melansir laman resmi PSSI, Selasa (7/3/2023).

Dengan sejumlah perubahan dan kesepakatan dari sarasehan itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir meyakini kompetisi sepak bola Indonesia ini akan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Erick meyakini perbaikan kompetisi ini akan sangat berguna untuk menyehatkan finansial klub.

"Apakah kita (PSSI) mampu? Saya optimistis mampu mengalahkan Thailand dan Vietnam terkait dengan kompetisi," yakinnya. (tim redaksi)

#PSSI
#kompetisisepakbola
#liga2dihentikan
#liga1danliga2gantinama
#gantioperator
#klubsepakbola
#sarasehansepakbola

Tidak ada komentar