Breaking News

Hari Pertama Puasa, Warga Soreang Kebanjiran

Banjir di Soreang, Bandung, Jawa Barat. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Kawasan Bandung kembali diterjang banjir. Akibat hujan deras mengguyur pada Kamis (23/3/2023) dini hari, menyebabkan banjir di sejumlah titik di kawasan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Bahkan, jalan utama penghubung antara Kabupaten Bandung dan Kota Bandung di kawasan Warung Lobak nyaris lumpuh akibat banjir setinggi hampir 50 centimeter. Sejumlah kendaraan, terutama sepeda motor yang memaksa menerobos banjir di jalan milik Provinsi Jawa Barat itu banyak yang mogok.

Banjir tersebut sempat mengganggu aktivitas warga yang sedang menjalani puasa Ramadan. Mereka terpaksa memutar ke jalan alternatif yang cukup jauh.

Kasatlantas Polresta Bandung Kompol Mangku Anom menyatakan, terdapat sejumlah anggota Satlantas Polres Bandung yang disiagakan di titik-titik banjir. Keberadaan petugas itu untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

"Hujan yang deras membuat debit air sungai meluap ke jalan. Adanya banjir tersebut kita sudah menyiagakan personel di beberapa titik. Sekaligus mengimbau pengendara agar tidak melintasi daerah yang banjirnya cukup dalam," jelasnya, dikutip Jumat (24/3/2023).

Derasnya hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Bandung bagian selatan, ditambah buruknya sistem drainase di kawasan ini menjadi faktor utama penyebab terjadinya banjir di Soreang ini. Banyaknya sampah yang menyumbat saluran drainase mengakibatkan banjir di ruas jalan Soreang, Bandung.

Petugas terpaksa masuk ke gorong-gorong untuk mengeluarkan sampah. Petugas kebersihan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bandung masuk ke gorong-gorong untuk mengambil sampah yang menyumbat saluran drainase. 

Hasilnya, petugas berhasil mengumpulkan 50 karung sampah. Sampah yang menutup saluran drainase sebagian besar berasal dari rumah tangga, seperti plastik dan kayu. 

Menurut petugas, sampah yang menyumbat saluran drainase di ruas jalan Soreang sudah terlalu banyak. Sampah itu tersangkut kabel saluran telekomunikasi yang juga mengisi saluran drainase.

Sebelumnya, sejumlah ruas jalan di Bandung terendam banjir setelah dilanda hujan sejak Kamis dini hari. Jalan utama menuju Soreang, Jalan Gading Tutuka, Majalaya, dan Kutawaringin menjadi lokasi terparah banjir tersebut. (tim redaksi)


#banjirdibandung

#banjirdisoreang

#soreangbandung

#jawabarat

#hujanderas

Tidak ada komentar