Breaking News

’Endorse’ Prabowo Jadi Pengganti Jokowi, Partai Demokrat Sentil Komentar Budi Gunawan

Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala BIN Budi Gunawan. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Komentar Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan atau yang akrab disapa BG menuai kontroversi menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Pasalnya, BG sempat menyampaikan komentar politis yang mengaitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan capres Gerindra, Prabowo Subianto. Tindakan itu tidak etis lantaran jenderal purnawirawan polisi ini merupakan pejabat negara. 

Koordinator Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra mengingatkan di Indonesia pengajuan calon presiden (capres) tidak ditentukan oleh presiden sebelumnya. Sebab, Indonesia bukan negara kerajaan. "Negara kita negara demokrasi," kata Herzaky, Jumat (24/3/2023).

Dia juga menekankan, siapa saja yang merupakan warga negara Indonesia memiliki hak yang sama untuk bisa mencalonkan maupun dicalonkan sebagai capres dalam pilpres. 

Sedangkan, hak untuk mengajukan Capres maupun Cawapres dimiliki partai politik. Herzaky menerangkan, untuk sebuah negara demokrasi seperti Indonesia, jabatan seperti presiden diperebutkan dalam kontestasi yang jujur dan adil (jurdil) sesuai amanah konstitusi. 

Artinya, jabatan tidak diwariskan atau diturunkan.
Maka itu, ia mengimbau agar siapapun tidak berusaha melakukan upaya-upaya cekal mencekal terhadap mereka yang mencalonkan atau dicalonkan sebagai Capres. 

Termasuk, BG yang merupakan pejabat negara, Kepala Badan Intelijen Negara. "Siapapun putra dan putri terbaik bangsa ini memiliki hak maju sebagai capres-cawapres di Pemilu 2024, mau didukung presiden atau tidak didukung presiden," ujar Herzaky.

Sebelumnya, Budi Gunawan yang saat ini menjabat Kepala BIN sempat menyampaikan komentar kontroversial terkait Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. 

BG mengatakan aura Jokowi mulai pindah ke Menteri Pertahanan tersebut. Hal itu disampaikan BG saat memberi sambutan dalam peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura. 

Bahkan, BG sempat mendoakan Ketua Umum dan Capres dari Partai Gerindra itu agar sukses dalam menghadapi kontestasi Pilpres 2024 mendatang. (tim redaksi)


#capres
#kontroversi
#kepalaBIN
#badanintelijennegara
#budigunawan
#prabowosubianto
#partaigerindra
#jokowi

Tidak ada komentar