Breaking News

Dibalik Kemanisannya, Ini Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Buah kurma sering menjadi pilihan hidangan saat berbuka. Karena dibalik rasanya yang manis, buah ini bisa mengembalikan energi yang terbuang selama berpuasa. 

Selain mengembalikan energi, ternyata kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh mulai dari mengatasi masalah pencernaan hingga disfungsi seksual dan diare.  

Buah ini mengandung nutrisi yang tinggi seperti vitamin, mineral, dan serat. Buah kurma yang lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, zat besi, potassium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium.  

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Ulul Albab Sp.OG menjelaskan alasan kurma baik dikonsumsi saat jalani puasa. Dari sisi medis secara umum, khasiat buah kurma sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan nutrisi. 

Buah kurma juga diakui dapat melancarkan pencernaan sehingga baik untuk dikonsumsi pada saat menjalani puasa. “Secara medis buah kurma memang memiliki banyak khasiat bagi tubuh salah satunya sebagai nutnsi pelengkap saat berpuasa, kandungan yang dimiliki buah kurma dapat menambah energi dan stamina ketika dimakan saat sahur, selain itu kurma memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga apabila dikonsumsi saat berbuka dapat membantu mengembalikan karbohidrat yang hilang saat berpuasa," ujarnya di Jakarta dikutip Kamis (23/3/2023). 

Dia menambahkan, kurma juga mengandung antioksidan, peningkat fungsi imun tubuh, juga memperbaiki fungsi densitas tulang, menjaga fungsi jantung dan paru-paru dan mengandung antimikroba sehingga bisa dijadikan obat. 

Pada kesempatan yang sama, Ustaz Erick Yusuf Ihaqi menambahkan,  manfaat konsumsi kurma dari sisi agama. Edukasi mengenai khasiat buah kurma penting untuk dipahami oleh umat muslim. "Memakan buah kurma dalam jumlah ganjil saat berbuka puasa merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW," katanya. 

Selain itu, ada hadits yang memberikan perumpamaan jadilah mukmin yang seperti pohon kurma, karena pohon kurma dikenal memberikan banyak kebaikan baik dan buahnya, batang pohonnya, daunnya hingga dahannya. 

Perumpamaan ini memberikan pesan bahwa seorang muslim, seharusnya bisa seperti pohon kurma yang selalu memberikan manfaat kebaikan bagi orang lain dan lingkungannya. (tim redaksi) 

#kurma
#manfaatkurma
#ramadan
#bukapuasa
#puasa

Tidak ada komentar