Breaking News

Cuan di Sektor Batu Bara, Astra Bakal Bagi-Bagi Dividen Jumbo

Batu bara. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-PT Astra International Tbk (ASII) cuan besar di sektor batu bara. Itu sebabnya, direksi mengusulkan pembagian dividen final jumbo tahun ini, didasarkan atas tingginya harga batu bara pada tahun lalu yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Ini memungkinkan anak perusahaan perseroan, PT United Tractors Tbk untuk mengusulkan pembagian dividen yang lebih tinggi. Hal itu terungkap dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan untuk tahun buku 2022.

Direksi Astra International akan mengusulkan dividen final yang lebih tinggi, yaitu sebesar Rp552 per saham. Sebelumnya, pada Oktober 2022, ASII telah membagikan dividen interim Rp88 per saham. 

"Ini menjadikan total dividen yang akan diusulkan untuk tahun 2022 menjadi Rp640 per saham," tulis majanemen ASII melalui keterbukaan informasi Bursa, dikutip Rabu (1/3/2023). Manajemen ASII menegaskan, kepastian mengenai jumlah dividen yang akan dibagikan ini akan tetap tunduk pada persetujuan RUPST Perseroan. 

ASII berencana menggelar RUPST tahun buku 2022 pada April 2023 mendatang. Belanja modal dan investasi konsolidasian perseroan untuk tahun 2022 adalah sebesar Rp26,4 triliun. 

Angka tersebut dua kali lipat lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Ke depan, perseroan akan terus menginvestasikan modal yang signifikan di Indonesia sejalan dengan prioritas strategis perseroan, melalui pertumbuhan dan akuisisi organik. 

"Perseroan tetap yakin akan potensi pertumbuhan jangka panjang dan neraca yang kuat. Sehingga dapat mengembalikan sebagian excess capital kepada pemegang saham," tulis manajemen ASII. (tim redaksi)

#ASII
#PTastrainternationaltbk 
#dividenjumbo
#pembagiandividen
#cuanbatubara
#pemegangsaham
#perseroan

Tidak ada komentar