Breaking News

Cegah Kasus Pelecehan Seksual Lagi, Transjakarta Segera Pasang CCTV dengan Teknologi Pengenalan Wajah

Teknologi pengenalan wajah (face recognation). Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pelecehan seksual di transportasi umum masih menjadi momok. Terbaru, pelecehan seksual terjadi di bus Transjakarta rute Monas-Pulogadung.

Menghindari terjadinya kasus serupa, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berencana memasang CCTV dengan teknologi pengenalan wajah (face recognition) untuk mencegah adanya pelecehan seksual di transportasi publik. 

"Kemarin, waktu saya ke Transjakarta, kalau dia (pelaku) terdata, coba nanti kita pakai kamera pengawas (CCTV) yang pakai sistem pengenalan wajah (face recognition)," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ​​saat ditemui di SMAN 32 Kebayoran Lama, Jakarta, dikutip Sabtu (4/3/2023).

Ia menjelaskan, nantinya jika wajah pelaku terdeteksi oleh kamera pengawas, maka akan langsung dilakukan pemblokiran. Sehingga otomatis tidak bisa mengakses pelayanan Transjakarta untuk seterusnya.

Terkait kapan waktu sistem pengenalan wajah itu akan dilaksanakan, Heru mengatakan untuk secepatnya memanggil pihak terkait. "Segera saja nanti saya panggil habis ini Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI," janjinya. 

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerjunkan petugas keamanan berseragam yang akan berpatroli di seluruh armada untuk mengantisipasi dan meminimalkan kejahatan pelecehan seksual. "Kalau selama ini petugas keamanan berjaga-jaga di halte-halte untuk mencegah tindak pidana kriminal. 

Lantas untuk menghadapi predator seks, petugas-petugas tersebut kita alihkan untuk menjaga ke dalam bus-bus layanan Transjakarta," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Sabtu (4/3/2023).

Dia menambahkan, petugas pramusapa dan petugas keamanan ini merupakan upaya Transjakarta dalam menekan kasus pelecehan seksual dan menambah keamanan serta kenyamanan para pelanggan. Sekaligus merespon atensi Pj Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Upaya lain, lanjut dia, pihaknya berupaya memperluas operasi armada bus warna merah jambu atau merah muda khusus untuk perempuan. Sehingga, ada ruangan khusus wanita di setiap armada bus dan dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV). (tim redaksi)

#bustransjakarta
#transjakarta
#kasuspelecehanseksualditransjakarta
#dilengkapiCCTV
#teknologipengenalanwajah
#facerecognation
#pjgubernurDKIjakarta
#herubudihartono

Tidak ada komentar