Breaking News

Bukan hanya Obat Diare, Dokter: Oralit Bisa Diminum saat Sahur dan Berbuka Puasa

Ilustrasi orang mengaduk cairan oralit. Foto: net

WELFARE.id-Ternyata, Oralit tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh penderita diare tapi juga warga yang sehat saat menjalankan puasa. Minum oralit saat sahur disebut dapat membantu tubuh lebih kuat berpuasa. 

Hal tersebut disampaikan oleh seorang netizen yang mengaku lebih kuat puasa setelah minum oralit saat sahur. Oralit adalah larutan gula dan garam yang biasanya dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami diare. 

Lantas, benarkah minum oralit saat sahur bisa membantu tubuh lebih kuat puasa? Melalui thread di akun Twitterpribadi-nya, dokter spesialis anak Kurniawan Satria Denta bahkan menganjurkan agar menambahkan segelas oralit saat berpuasa.

Bahkan, terangnya juga, bukan hanya saat sahur dan berbuka puasa. Menurutnya, ini bisa menjadi cara terbaik dalam mengatasi dehidrasi saat berpuasa.

"Tips puasa dari saya, sahur cukup segelas oralit dan segelas air putih. Batalin puasa juga cukup segelas oralit dan segelas air putih, lanjut hidrasi secukupnya sampai sebelum tidur," kata dr Kurniawan saat dikonfirmasi, Kamis (23/3/2023).

Menurut dr Kurniawan, hingga kini masih banyak orang yang salah kaprah tentang fungsi oralit. Oralit bukan obat diare melainkan larutan yang digunakan untuk mengatasi dehidrasi.

"Dehidrasi bisa karena diare, demam, olahraga, puasa, atau karena kecapekan, dan oralit berfungsi untuk mengatasi dehidrasi," jelas dia.

Namun demikian, minum oralit tidak bertujuan untuk mengganti full meal (makanan lengkap). Selama berpuasa, umat Islam tetap disarankan untuk mencukupi gizi harian saat berbuka dan sahur. Sementara oralit, menyasar masalah hidrasi yang kurang baik selama puasa.

Dokter Kurniawan juga mengatakan bahwa anak-anak mulai usia lima tahun yang baru belajar puasa bisa diberikan oralit saat sahur dan berbuka.

"Tapi kalau punya GERD, diabetes, atau penyakit kronis lainnya sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu," kata dr Kurniawan juga.

Di sisi lain, selama ini para dokter juga telah mengampanyekan cara mencukupi kebutuhan cairan dengan minum delapan gelas air per hari saat buka dan sahur. 

Delapan gelas bisa dipenuhi dengan cara minum segelas setelah bangun sahur, segelas selepas sahur, segelas saat berbuka puasa, segelas setelah sholat Maghrib, segelas setelah sholat Isya, setelah setelah tarawih, dan segelas sebelum tidur.

Bagi kelompok individu yang sudah membiasakan hal tersebut, dr Kurniawan juga tetap menyarankan untuk menambahkan segelas oralit saat berbuka puasa dan sahur. Sebab, penambahan oralit dapat membantu menghindari dehidrasi. (tim redaksi)



#kesehatan
#puasaramadan
#oralit
#hindaridehidrasi
#obatdiare
#pencegahdehidrasi

Tidak ada komentar