Breaking News

Batuk dan Pilek? Coba Lima Bahan Alami Ini Yuk!

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Belakangan kondisi cuaca tak menentu. Kadang panas terik, lalu tiba-tiba hujan. Hal ini mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit. 

Berbagai keluhan muncul. Seperti batuk dan pilek yang menganggu. Sebelum ke dokter, coba manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. 

Berikut lima bahan rumahan yang bisa kamu manfaatkan untuk meredakan batuk dan pilek. 

1. Madu 

Bahan alami satu ini menjadi solusi pertama yang dikonsumsi banyak orang untuk meredakan batuk. Hal ini karena madu memiliki sifat antibakteri sehingga bisa melegakan tenggorokan yang gatal. 

Kamu cukup konsumsi rutin madu dengan cara mencampurkan madu ke dalam teh ataupun air hangat. Bahkan bisa juga untuk langsung minum madunya tanpa campuran apapun. 

2. Kunyit 

Kunyit mengandung kurkumin atau senyawa yang dipercaya memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. kamu bisa mencampurkan  susu hangat dengan bubuk kunyit dan minum dua kali sehari untuk membersihkan tenggorokan, termasuk batuk. 

3 . Jahe 

Sudah tak diragukan lagi kalau jahe dipercaya dapat meredakan masalah batuk. Hal ini karena jahe memiliki sifat anti-bakteri yang bisa menghilangkan gejala hidung tersumbat dan gatal di tenggorokan. 

Kamu bisa coba mengupas jahe segar lalu diiris tipis-tipis. Lalu rebus jahe dengan air hingga mendidih. Air jahe bisa langsung dikonsumsi selagi hangat. Agar lebih segar bisa tambahkan perasan jeruk nipis dan madu. 

4. Kayu Manis 

Manfaat paling menonjol dari kayu manis yaitu untuk meredakan flu karena memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Caranya yaitu dengan menambahkan batang kayu manis ke dalam satu cangkir teh hangat sebelum tidur. 

5. Bawang Putih 

Bumbu dapur satu ini memiliki senyawa allicin yang memiliki sifat antimikroba. Kamu bisa memanggang beberapa siung bawang putih kemudian tumbuk hingga halus serta campurkan sedikit madu. Minum sebelum tidur dijamin dapat meredakan batuk, pilek, hingga mencegah masuk angin. (tim redaksi) 

#batuk

#pilek

#obatalamibatukdanpilek

#pancaroba

#obatalami

Tidak ada komentar