Breaking News

Bakal Telusuri "Geng" Rafael Alun di Kemenkeu, KPK: Mereka Orang Keuangan, Pintar Kesana Kemari

Rafael Alun Trisambodo. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meminta klarifikasi eks pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo soal laporan kekayaan berharta Rp56 miliar. Sesudah memeriksa Rafael, lembaga antirasuah ini juga bakal memanggil pihak lainnya.

"Kita pastikan sesudah yang bersangkutan (Rafael), pasti ada lagi orang-orang lain (bakal dipanggil). Tidak akan berhenti di satu pemeriksaan," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan, dikutip Kamis (2/3/2023).

Apalagi, ia mengungkapkan, pihaknya menerima adanya informasi 'geng' di lingkungan Kemenkeu. Namun, ia tak memerinci 'geng' yang dimaksud. 

Ia hanya menyebut, 'geng' tersebut tidak sama dengan perkumpulan anak sekolah. "Kita kan dengar juga ada 'geng'-nya, ada ini, ada itu. Kalau dibilang 'geng', ya bukan kayak 'geng' anak SMP ngumpul-ngumpul," tambah Pahala menjelaskan.

Maka itu, KPK merasa perlu menelusuri terlebih dahulu pola 'geng' tersebut. Sebab, menurut Pahala, penelusuran ini bukanlah proses yang sederhana.

"Kita perlu tahu polanya. Sekali lagi teman-teman, ini bukan sederhana, sulit sih pasti, bukan sederhana. Dalam artian, ini kan orang keuangan benar. Ia tahu banget gimana cara kesana kemari. Jadi kita ingin polanya dulu dapat (diketahui), nanti baru ke yang lain," jelas Pahala.

KPK memanggil Rafael pada Rabu (1/3/2023). Dia diundang untuk mengklarifikasi laporan kekayaannya yang mencapai Rp56 miliar.

Harta kekayaan Rafael menjadi sorotan publik usai sang anak, Mario Dandy Satrio menjadi tersangka kasus penganiayaan terhadap David, putra pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Jonathan Latumahina. Mario Dandy diketahui pernah memamerkan mobil Jeep Rubicon dan motor Harley Davidson.

Kekayaan Rafael dinilai fantastis dan tidak cocok dengan profilnya sebagai pejabat pajak eselon III di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu. Sebab, total kekayaannya hanya selisih sedikit dengan LHKPN milik Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang mencapai Rp58 miliar. (tim redaksi)

#KPK
#LHKPN
#rafaelaluntrisambodo
#ayahmariodandysatrio
#klarifikasihartakekayaan
#didugaadagengrafaeldikemenkeu
#kasuspenganiayaandavid

Tidak ada komentar