Breaking News

Tujuh Cara Atasi Rambut Berminyak dan Lepek, Mulai dari Rutin Keramas hingga Kasih Vitamin

Ilustrasi rambut berminyak yang mengganggu penampilan. Foto: net

WELFARE.id-Rambut merupakan mahkota, apalagi bagi kaum hawa. Tapi bagaimana bila memiliki rambut berminyak dan lepek? Tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga menimbulkan perasaan tidak nyaman lantaran terasa lengket disertai gatal.

Rambut lepek diakibatkan oleh produksi minyak berlebih di kulit kepala. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti perubahan hormon, mencuci rambut yang terlalu sering atau terlalu jarang, pengaruh dari produk perawatan rambut, sampai akibat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Supaya tak semakin parah, berikut cara mengatasi rambut lepek:  

1. Stop Kebiasaan Sentuh Rambut 
Menyentuh rambut memang tanpa sadar sering kita lakukan tanpa sadar. Namun ternyata hal inilah yang dapat menyebabkan rambut Anda mudah lepek atau bahkan rusak.

Apalagi jika Anda tidak mengetahui betul bagaimana kondisi tangan Anda, apakah dalam keadaan steril atau tidak. Hal ini sangat berpengaruh jika tangan Anda kotor dan tanpa sengaja menyentuh rambut.

Mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk ini dan jangan lupa pastikan kondisi tangan Anda dalam keadaan bersih setiap hendak menyentuh rambut.

2. Rutin Mencuci Rambut 
Untuk menghindari kondisi rambut yang berminyak dan lepek, Anda perlu menjaga kebersihan rambut salah satunya ialah dengan mencucinya secara rutin.

Sebaiknya buat jadwal rutin kapan Anda harus mencuci rambut, misalnya 2 hari sekali, atau 3 hari sekali dan lakukan itu secara konsisten.

3. Gunakan Dry Shampoo
Bila Anda memiliki rambut berminyak, maka Anda perlu menggunakan dry shampoo untuk mengontrol kadar minyak yang ada.

Tidak hanya praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, produk dry shampoo juga dapat membantu mengeringkan minyak di rambut dan membuatnya tampak lebih bersih.

Dry shampoo sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk sering mencuci rambut. Karena tidak perlu dibilas, produk ini sangat efektif dan bisa menjadi andalan untuk penolong rambut lepekmu.

4. Hindari Produk Bersilikon
Produk-produk perawatan rambut yang dijual di pasaran beberapa di antaranya mengandung silikon. Kandungan ini memang dapat membantu melembutkan dan menambah kilau rambut. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi rambut lepek.

Bila Anda memiliki rambut yang berminyak dan cenderung lepek, maka kandungan silikon hanya akan membuat minyak di rambut semakin berat, berminyak, serta lepek.

5. Gunakan Masker Rambut
Untuk Anda yang tidak suka perawatan dengan produk-produk untuk rambut, maka Anda bisa mencoba bahan-bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker rambut.

Bahan-bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau, dan cuka apel dipercaya dapat membuat rambut sehat anti lepek.

Dengan kandungan yang dapat menyeimbangkan pH kulit kepala dan mengurangi produksi minyak, maka bahan-bahan tersebut dapat mengatasi masalah rambut lepek yang Anda alami.

6. Perhatikan Kebersihan Sisir
Hal lain yang tidak kalah penting dalam cara mengatasi rambut lepek ialah memperhatikan kebersihan sisir rambut. 

Bila Anda sering menggunakan sisir yang kondisinya kotor dan sudah lama tidak dicuci, tentu inilah yang memicu rambut gampang berminyak. Kotoran dan bakteri yang menumpuk pada sisir dapat membuat rambut Anda berminyak dan lepek.


7. Gunakan Vitamin Rambut
Jika cara-cara lain di atas tidak bekerja dengan baik di rambut Anda, maka saatnya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan vitamin rambut. Selain produk sampo, rambut Anda juga memerlukan asupan nutrisi tambahan yang dapat membuatnya lebih sehat.

Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus memakai vitamin rambut dengan baik dan benar. Hindari penggunaan vitamin pada pangkal rambut, dan aplikasikan vitamin fokus pada batang sampai ujung rambut secara merata. (tim redaksi)


#gayahidup
#rambutsehat
#rambutbersih
#penangananrambutlepek
#rambutberminyak
#kesehatanrambut

Tidak ada komentar