Breaking News

PAN Isyaratkan Dukung Ganjar-Erick di Pilpres 2024, PPP Menyusul

Zulhas saat pidato di rakernas PAN di Semarang (ist) 

WELFARE.id-Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan kembali mengisyaratkan untuk mengusung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di Pilpres 2024. 

Dia menyampaikannya lewat pantun dalam acara Rakornas PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (27/2/2023). "Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya Allah Indonesia tambah jaya," ucap Zulhas. 

Momen itu disambut tepuk tangan ribuan kader PAN yang menghadiri Rakornas. Acara pun turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. 

Tanda Zulhas mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden kembali terlihat ketika menyinggung rambut putih. Belum lama, Presiden Jokowi menyebut pemimpin yang berambut putih patut dipilih. Menurut Jokowi, rambut mereka putih karena memikirkan rakyat. Zulhas lantas kembali mengungkitnya di depan Jokowi dan Ganjar. 

"Terima kasih Pak Ganjar. Rambutnya sudah memutih secara alami dan ada kerutan di wajah. Itu seperti tanda-tanda yang diungkap Pak Presiden. Itu karena beliau bekerja keras untuk rakyat agar bisa makmur dan sejahtera," ucap Zulhas. 

Presiden Jokowi dalam pidatonya juga sempat menyinggung soal bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Kendati tak menyebut nama, para hadirin peserta Rakornas Pemenangan Pemilu PAN sudah tahu arah pembicaraan Jokowi. 

"Biasanya awal-awal sambutan seperti ini, di semua partai saya absen capres cawapres. Tapi pagi hari ini saya tidak akan mengabsen capres cawapres," kata Jokowi mengawali sambutannya. 

Presiden Jokowi memang kerap mengabsen tokoh-tokoh yang masuk bursa capres-cawapres 2024 saat hadir di acara partai politik (Parpol). Namun kali ini, Jokowi tak melakukannya. Dia berdalih, hanya sedikit kandidat capres-cawapres yang hadir di Rakornas PAN ini. 

"Karena calonnya yang hadir sedikit. Enggak usah diabsen, semua sudah tahu siapa," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, tampak hadir sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Perdagangan (Mendag) sekaligus Ketum PAN Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Hadir pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Jokowi juga mencoba menebak alasan PAN menggelar Rakornas Pemenangan Pemilu di Kota Semarang. Selain untuk merebut kembali suara PAN yang merosot di Jawa Tengah pada Pemilu 2019 lalu, strategi lainnya yakni untuk mendekati Ganjar Pranowo. 

"Jadi tadi malam saya bertanya tanya, ini kenapa ya Rakornas Pemenangan PAN kok di Jawa Tengah. Jawabannya saya sudah punya sekarang, jawabannya sudah punya. Strateginya. Oh, ini strategi, udah. Mendekati Pak Ganjar," kata Jokowi 

PAN menggelar Rakornas di Semarang, Jawa Tengah untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024. Ribuan kader hadir dalam acara. 

Sinyal kuat dukung Ganjar-Erick juga diberikan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Erick Thohir disambut baik PPP pasca mendapat dukungan Partai Amanat Nasional (PAN). 

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan PPP sangat menanggapi positif langkah PAN mengusung Erick Thohir menjadi cawapres. Hal demikian lantaran Erick merupakan figur minim resistensi yang diterima semua kalangan. "Ya sebagai sebuah aspirasi yang disampaikan oleh PAN sah-sah saja,” katanya. 

Dia menuturkan, PAN telah mengambil langkah yang tepat yakni dengan menjadikan Erick Thohir cawapres. Dia menyebut keputusan yang dipilih PAN tersebut berpeluang juga diikui partai lainnya dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Barangkali ada kemungkinan kesamaan dengan koalisi yang lainnya," tutur Baidowi. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa Erick Thohir bukan sosok baru bagi partai berlambang Ka’bah tersebut. Diterangkannya Erick Thohir kerap kali menghadiri undangan internal PPP dalam sejumlah agenda pertemuan. 

Khususnya, tambah dia, terhadap beberapa agenda internal PPP di berbagai daerah. Terutama perihal acara yang berkaitan langsung dengan para simpatisan dan loyalis PPP. Khusus nama Pak Erick Thohir, PPP juga dalam beberapa kesempatan menghadirkan Pak Erick Thohir untuk menyapa kader PPP. Ada semacam kedekatan emosional," katanya. 

Achmad Baidowi memproyeksikan partainya mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden yang dijagokan pada 2024 dalam forum musyawarah kerja nasional (mukernas). Rencananya, forum mukernas ini digelar paling cepat pada Maret mendatang. (tim redaksi) 

#politik
#pan
#ganjarerick
#ganjarpranowo
#erickthohir
#pandukungganjarerick
#ppp

Tidak ada komentar