Breaking News

Joe Biden Beri Isyarat Maju Lagi di Pilpres 2024

Presiden AS Joe Biden (net) 

WELFARE.id-Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memberi isyarat pada Jumat (24/2/2023) bahwa dia akan mengumumkan pencalonannya dalam Pilpres AS 2024, hanya saja tidak dalam waktu dekat. 

Berbagai spekulasi telah mengganjal rencana Biden. Di usianya yang ke-80 saat ini, Biden merupakan orang tertua yang menjabat sebagai Presiden AS. Meski dia telah berulang kali mengutarakan niatnya untuk maju lagi dalam pilpres, hingga sekarang ia belum mengumumkan secara resmi pencalonannya 

Dalam wawancara dengan David Muir dari ABC News, Biden mengatakan bahwa sejak awal dia berniat maju lagi. Namun, Biden mengisyaratkan bahwa dia tidak terburu-buru. "Ada terlalu banyak hal yang kami harus selesaikan dalam waktu dekat sebelum saya memulai sebuah kampanye," ujarnya dikutip Senin (27/2/2023). 

Ketika ditanya apakah dia memperhitungkan faktor usia dalam memutuskan untuk maju atau tidak, Biden menjawab, "Tidak. Tapi sah-sah saja bagi orang lain untuk mempermasalahkan usia saya. Dan satu-satunya yang bisa saya katakan adalah… lihat saja," tandasnya. 

Jika maju dan kembali terpilih maka Biden akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatannya yang kedua. Awal bulan ini, hasil uji kesehatan ekstensif yang diambilnya menunjukkan bahwa dirinya "sehat, kuat" dan "layak untuk mengeksekusi dengan baik tugas-tugas seorang presiden". 

Hal senada juga diungkap Ibu negara Amerika Serikat (AS) Jill Biden memberikan salah satu indikasi yang paling jelas bahwa Presiden Joe Biden akan mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua. Biden telah lama mengatakan bahwa niatnya untuk mencalonkan diri kembali, hanya saja belum menyatakan secara resmi. 

Berapa kali dia harus mengatakannya agar kamu percaya?" kata ibu negara di Nairobi dalam perjalanan lima harinya ke Afrika. "Dia bilang dia belum selesai. Dia belum menyelesaikan apa yang dia mulai. Dan itulah yang penting,"  tukasnya. 

Ibu negara telah lama digambarkan sebagai tokoh kunci dalam orbit Biden saat dia merencanakan masa depannya. "Karena aku istrinya," lanjutnya. 

Jill menepis pertanyaan tentang apakah dia memiliki suara penentu apakah presiden mencalonkan diri untuk pemilihan kembali. "Tentu saja dia akan mendengarkan saya, karena kami adalah pasangan suami istri," katanya. 

Perempuan berusia 71 tahun ini menegaskan suaminya mengambil keputusan sendiri. Biden akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua. (tim redaksi

#presidenas
#joebiden
#pilpresas2024
#jillbiden
#pemilupresidenamerika

Tidak ada komentar