Breaking News

Waspada Kebanyakan Konsumsi Junk Food, IDAI: Makin Banyak Remaja Kena Hipertensi

Ilustrasi anak-anak makan junk food. Foto: net

WELFARE.id-Makanan cepat saji kini jadi gaya hidup masyarakat modern. Pasalnya, makanan cepat saji selain lezat, mudah didapat, dan instan jadi pilihan bahkan menu favorit dari banyak orang, termasuk para anak-anak.

Akibatnya kini pola hidup tak sehat dengan kerap makan makanan cepat saji, semakin banyak terjadi di kalangan generasi muda, mulai dari anak-anak hingga remaja. 

Itu jadi sorotan ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) terkait makin merebaknya  tren penjualan makanan cepat saji bukan lagi hanya di restoran-restoran fast food tapi juga di banyak minimarket.

”Junk food yang dijual di minimarket itu makanan-makanan yang kita konsumsi dan anak-anak itu tinggi gula dan lemak trans (fat). Snack anak kita di minimarket itu tinggi lemak dan gula” ujar dr. Piprim, dalam Media Briefing Jajanan Anak dan Kesehatan Pencernaan dikutip Kamis (19/1/2023).

Makanan-makanan jenis inilah yang pada akhirnya bisa berdampak pada kesehatan anak karena memicu berbagai penyakit kronis yang terkenal sebagai 'silent killer' seperti hipertensi, sampai diabetes.
 
”Kemudian seiring dengan meningkatnya kasus obesitas, diabetes tipe 2 meningkat, syndrome metabolic meningkat, bahkan sekarang anak remaja sudah banyak yang hipertensi," paparnya juga.

Mengutip laman resmi P2PTM Kementerian Kesehatan, berdasarkan dara Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 prevalensi hipertensi pada penduduk umur 18 tahun ke atas di Indonesia mencapai sebesar 25,8 persen.

Dengan bahaya hipertensi dan diabetes yang semakin mengintai anak-anak muda, karena itu, Piprim merekomendasikan masyarakat, khususnya orang tua dan anak-anak mulai kembali mengonsumsi makanan alami yang sehat.

"Jadi solusinya, kembali ke makanan alami real food. Banyak makan sayuran, rebus-rebusan, kayak kentang rebus. Kalau kentang goreng dan keripik jauh berbeda indeks gulanya,” tandas dr. Piprim juga. (tim redaksi)


#kesehatan
#gayahidup
#junkfood
#makanancepatsaji
#makanantidaksehat
#hipertensi
#diabetestipe2
#obesitas

Tidak ada komentar