Breaking News

Wajib Punya, Ini Tanaman yang Dibenci Nyamuk!

Ilustrasi (net) 

WELFARE.id-Belakangan intensitas hujan kian meninggi. Di musim seperti ini,  biasanya jumlah nyamuk makin banyak. Untuk mencegah terkena penyakit yang disebabkan oleh serangga ini, kamu bisa menghadirkan tanaman yang dibenci nyamuk di rumah. 

Tanaman-tanaman tersebut memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Menggunakan tanaman sebagai pengusir nyamuk juga dapat dipilih sebagai langkah alami yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. 

Tidak hanya dapat menjaga lingkungan sekitar tetap bersih, menggunakan tanaman pengusir nyamuk juga dapat sekaligus menjadi dekorasi yang cantik di rumah. Udara juga jadi terasa lebih bersih. 

Nah, di bawah ini adalah sejumlah tanaman pengusir nyamuk yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Lavender 

Tanaman yang dibenci nyamuk adalah lavender. Tanaman dengan bunga berwarna ungu ini mengandung minyak asiri pada kuncup bunganya yang aromanya tidak disukai nyamuk. 

Lavender sendiri merupakan tanaman yang dapat bertahan di berbagai iklim. Namun pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup agar tetap tumbuh dengan subur. 

2. Allium 

Allium merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian dan tidak disukai nyamuk. Sama halnya seperti bawang putih dan bawang bombai, allium mengeluarkan aroma yang kuat. 

Selain sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga cantik menghiasi sudut ruang. Bunga allium memiliki bentuk unik dengan bola warna putih dan tampak mengambang di atas batang yang panjang dan ramping. 

2. Basil 

Selanjutnya ada basil. Tak hanya digunakan sebagai bahan masakan, rupanya basil merupakan tanaman yang dibenci nyamuk karena memiliki aroma yang kuat dan khas. Tanaman ini memiliki aroma yang menyengat bagi serangga sehingga bukan hanya nyamuk tetapi juga lalat dan kecoak. 

Basil dapat ditanam dalam pot berukuran kecil atau sedang dan ditempatkan di sekitar rumah untuk membantu mengendalikan populasi nyamuk di musim hujan. 

3. Catnip 

Catnip merupakan tanaman yang tidak disukai serangga. Pasalnya, tanaman ini mengandung zat nepetalactone yang efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga. 

Tanaman ini memiliki aroma yang kuat dan mudah menyebar sehingga ditakuti nyamuk. 

4. Geranium
Geranium merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk karena memiliki aroma yang kuat. Hal tersebut juga membuat geranium kerap digunakan sebagai bahan untuk wewangian, sabun, hingga salep. 

Selain dapat mengusir nyamuk, geranium memiliki bentuk bunga yang indah dan aneka warna sehingga cocok untuk dekorasi rumah. 

5. Marigold
Lantana camara atau dikenal juga dengan marigold cukup ampuh membasmi nyamuk. Senyawa fitokimia dan pyrethrum pada tanaman ini sangat ditakuti oleh nyamuk. 

Selain dapat mengusir nyamuk, bunga ini juga dapat mengusir serangga yang memangsa tanaman tomat. 

7. Mint 

Tanaman berikutnya yang tidak disukai nyamuk berikutnya adalah mint. Tanaman ini memiliki aroma mentol yang mampu mengusir dan mengendalikan nyamuk serta berbagai serangga dan hama lainnya. 

Ada banyak manfaat menanam daun mint di rumah, selain dapat mengusir nyamuk dan penghias rumah, daun mint juga dapat digunakan sebagai pelengkap minuman. 

8. Rosemary 

Rosemary merupakan tanaman herbal beraroma kayu yang memiliki tampilan unik. Jadi, selain dapat mengusir nyamuk tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah. Selain itu, rosemary juga dapat dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. 

9. Serai 

Terakhir adalah tanaman serai yang memiliki aroma kuat dan tidak disukai nyamuk. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, rupanya kandungan sitronela yang terdapat dalam serai dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya. (tim redaksi) 

#nyamuk
#tanamanpengusirnyamuk
#pengusirnyamuk
#lifestyle
#musimhujan

Tidak ada komentar