Breaking News

Virus Corona Subvarian Kraken Menyebar di 29 Negara, Epidemiolog: Tetap Kenakan Masker!

Ilustrasi virus Corona subvarian XBB atau Kraken. Foto: net

WELFARE.id-Meski sejumlah negara termasuk Indonesia telah memberlakukan berbagai pelonggaran terkait aturan COVID-19, tapi sejatinya pandemi Corona memang belum usai.

Buktinya, virus Corona terus bermutasi. Kini muncul kembali varian baru, mutasi terbaru dari subvarian Omicron XBB yang bernama Kraken. 

Subvarian Kraken merupakan persilangan antar dua galur virus Corona sebelumnya yaitu BA.2.75 dan BA.2.10.1. Kasus pertama dari varian ini sendiri disebutkan ditemukan di Afrika Selatan (Afsel).

Meski saat ini di Tanah Air Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah resmi dicabut sejak akhir 2022 tapi dengan adanya virus baru ini warga diminta tetap mengenakan masker. 

Bahkan, ahli epidemiologi mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk menghindari tertular COVID-19 dan varian Kraken dengan kode XBB.1.5.

Selain itu juga, mengenakan masker terutama di kerumunan juga menghindari ancaman tertular penyakit lainnya, seperti virus flu.

"Meski sudah enggak ada PPKM, penggunaan masker jangan dikendorin, ya. Tetap gunakan masker untuk menghindari penularan COVID-19,” terang Epidemiolog dr. Dicky Budiman, Senin (9/1/2023).

Selain itu juga dia meminta agar masyarakat juga melengkapi vaksinasi. ”Untuk masyarakat yang  belum booster segera divaksin booster dan hindari kerumunan untuk mencegah terpapar varian baru Corona," paparnya juga. 

Meskipun sudah tidak ada kewajiban memakai masker di ruangan terbuka tapi Dicky mengungkap sebetulnya sebagai upaya pencegahan penyakit masker tetap dipakai dan tidak menganggap sepele kebiasaan yang sudah terbangun ini.

Dicky mengatakan, yang dihadapi dunia dari COVID-19 bukan lagi soal angka kematian atau keparahan penyakit yang menyebabkan pasien kondisi parah perlu dirawat di rumah sakit, tapi dampak jangka menengah dan panjang akibat infeksi COVID-19 itu sendiri.

”Dengan tetap menjaga kebiasaan 5M sekalipun PPKM sudah dicabut, itu mencegah Anda terinfeksi penyakit menular seperti varian baru COVID-19. Virus ini terus bermutasi,” paparnya juga. 

Jangan sampai, kata Dicky juga,  5 tahun mendatang rumah sakit itu penuh orang bolak-balik sakit diabetes, hipertensi, stroke, atau penyakit lain yang bisa terjadi akibat abai pada COVID-19. 

Untuk diketahui, varian Kraken yang saat ini tengah menyebar di dunia dengan kurang lebih 29 negara telah melaporkan temuan kasus tersebut.  

Disebutkanm subvariant baru COVID-19 ini memiliki kemampuan mudah menyebar dan menginfeksi, sekalipun belum dipastikan apakah lebih berbahaya dari berbagai varian virus Corona pendahulunya. (tim redaksi)


#viruscorona
#covid-19
#subvarianbaru
#kraken
#epidemologi
#teruskenakanmasker
#jagaprokes

Tidak ada komentar