Breaking News

Varian Covid B.A.5.2 dan BF.7 Terdeteksi di Malaysia, Wisatawan Asal Tiongkok Segera Dibatasi

Menara Petronas ikon Malaysia. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Dua varian COVID-19 yang tengah mewabah di Tiongkok, BA.5.2 dan BF.7 diketahui telah terdeteksi di Malaysia. Kementerian Kesehatan Malaysia bersiap untuk memperketat pemeriksaan kesehatan, baik wisatawan Tiongkok maupun warga Malaysia yang bepergian dari Tiongkok, agar Covid tidak kembali menjadi wabah.

Menteri Kesehatan Malaysia, Dr Zaliha Mustafa mengatakan, pihaknya memiliki kekhawatiran tersendiri tentang efek peningkatan kasus Covid di negaranya. Maka itu, pembatasan wisatawan dari Tiongkok akan diberlakukan.

Melansir CNA dan Kantor Berita Bernama Malaysia, Rabu (4/1/2023), pihaknya akan meningkatkan metode untuk menahan penyebaran infeksi COVID-19 di negara tersebut serta kesiapan untuk menghadapi kemungkinan peningkatan kasus epidemi. Dia juga mengatakan, berdasarkan informasi yang dilaporkan ke WHO, varian dan subvarian di Tiongkok telah terdeteksi di Malaysia.

Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah menambahkan, dua varian utama COVID-19 yang menyebar dengan cepat di Tiongkok, BA.5.2 dan BF.7, menyumbang hampir 80 persen dari jenis yang ditemukan di negara tersebut. Meskipun saat ini, 49,8 persen orang Malaysia telah menerima dosis penguat pertama mereka dan 1,9 persen telah menggunakan dosis kedua. (tim redaksi)

#covid19dimalaysia
#varianbarudaritiongkok
#varianbarucovidterdeteksidimalaysia
#kasuscoviddimalaysia
#kementeriankesehatanmalaysia
#WHO

Tidak ada komentar