Breaking News

Tragedi Kanjuruhan Masuki Babak Baru, Sidang Perdana Digelar Hari Ini

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Lima terdakwa Tragedi Kanjuruhan segera disidangkan perdana, Senin (16/1/2023) hari ini di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur. Meski digelar terbuka, banyak batasan-batasan yang diberlakukan oleh majelis hakim. 

Salah satunya media dilarang menyiarkan langsung jalannya sidang. Humas PN Surabaya Suparno mengatakan, pembatasan jumlah pengunjung dilakukan karena keterbatasan ruangan. 

Larangan live streaming bagi media juga kewenangan dan permintaan majelis hakim. Termasuk terdakwa yang hanya hadir secara daring.

Mengenai pengamanan sidang, Kabag OPS Polrestabes Surabaya AKBP Toni Kasmiri memastikan, sidang tersebut bakal mendapat pengawalan dan pengamanan ketat. Ia menjelaskan, ada sekitar 800 personel yang dikerahkan untuk pengamanan di sekitar PN Surabaya dan seluruh exit tol sebagai pintu masuk Surabaya. 

"Seluruh titik-titik masuk ke Surabaya akan dilakukan penyekatan dan patroli," ujarnya, dikutip Senin (16/1/2023). Toni menjelaskan, pihaknya telah melakukan gladi bersih sebagai bentuk kesiapan pengamanan sidang tragedi Kanjuruhan. 

Pihak kepolisian juga dipastikannya tidak memberikan izin digelarnya unjuk rasa di sekitar area PN Surabaya. Ia juga menghimbau Aremania untuk tidak datang dalam persidangan. 

"Kita mengimbau seluruh masyarakat, baik Aremania maupun Bonek percayakan semua proses hukum yang berlaku. Tidak usah melakukan unjuk rasa ataupun memprovokasi," tegasnya.

Ia bahkan mengatakan, pengamanan PN Surabaya akan dilakukan tiga lapis yang dibagi dalam tiga ring. Yakni ring dalam yang meliputi area dalam gedung PN Surabaya, ring 2 di depan Gedung PN Surabaya, dan ring 3 di samping kanan dan samping kiri gedung PN Surabaya.

"Kalaupun ada penyusup, akan diamankan oleh aparat kepolisian, lalu akan diinterogasi agar tidak bentrok dan tidak menjadi korban," tutupnya. (tim redaksi)

#tragedikanjuruhan
#stadionkanjuruhan
#jawatimur
#sidangperdanatragedikanjuruhan
#PNsurabaya
#pesertasidangdibatasi
#sidangdaring
#pengamanansidang

Tidak ada komentar