Breaking News

Tolak Antitambang Batu Bara di Jerman, Aktivis Iklim Greta Thunberg Ditangkap!

Aktivis iklim, Greta Thunberg. Foto: Zumapress.com via NYPost

WELFARE.id-Aktivis lingkungan Greta Thunberg ditahan polisi Jerman, Minggu (15/1/2023) waktu setempat. Thunberg ditangkap polisi Jerman, saat menggelar demonstrasi antitambang batu bara.

Perempuan 20 tahun asal Swedia itu digiring kepolisian saat berdemo di Desa Luetzerath. Thunberg dan sekelompok warga berdemo demi mencegah aparat menggusur desa yang akan dijadikan tambang batu bara itu.

Thunberg terlihat digiring oleh dua polisi berpakaian lengkap meski tanpa tangan diborgol.
"Jerman tengah mempermalukan dirinya sendiri," kata Thunberg, melansir Anadolu Agency, Selasa (17/1/2023).

"Saya pikir ini sangat aneh karena terjadi di 2023," tambahnya. Thunberg hanya satu dari banyak aktivis lingkungan dan perubahan iklim yang ikut meramaikan demonstrasi itu pada akhir pekan lalu itu.

Seluruh aktivis itu menentang bahan bakar fosil. "Ini adalah pengkhianatan generasi sekarang dan masa yang akan datang ... Jerman adalah salah satu pembuat polusi terbesar di dunia dan harus dimintai pertanggungjawaban," kata Thunberg di podium, melansir New York Post.

Hal itu dilakukan, setelah ia terlihat berbaris dengan papan karton bertuliskan frase dalam bahasa Jerman "Luetzi stays", yang merupakan nama pendek dari desa tersebut. Media lokal telah melaporkan bentrokan antara polisi dan para demonstran yang telah menduduki desa di wilayah bagian barat North Rhine-Westphalia (NRW) tersebut selama dua tahun dengan tujuan untuk menghentikan ekspansi perusahaan energi RWE.

Melansir The Guardian, menyusul keputusan yang mengizinkan RWE untuk terus menjalankan rencana prroyek tambang batu bara, lebih dari 1000 petugas polisi dengan perlengkapan anti huru hara mengusir ratusan pengunjuk rasa di desa tersebut awal minggu ini. (tim redaksi)

#tambangbatubara
#proyektambangbatubaradijerman
#aktivisiklim
#gretathunbergditangkap
#desadigusur

Tidak ada komentar